Cara memilih sepatu mengemudi yang aman dan nyaman.

sepatu mengemudi, sepatu khusus, moccasin,

sepatu moccasin

Bagi sebagian orang mengemudi telah menjadi pekerjaan sehari-hari, dimana mobil merupakan transport utama dalam bepergian. Untuk itu akan lebih baik bila kita mulai memerhatikan sepatu untuk mengemudi, karena kaki juga merupakan bagian penting dalam mengemudi khususnya yang berhubungan dengan komponen gas dan kopling.  Tetapi dalam hal mengemudi sangat tidak dianjurkan untuk mengemudi dalam keadaan kaki telanjang.  Oleh karena itu sebaiknya dalam mengemudi pengendara disarankan untuk menggunakan sepatu, sepatu juntuk mengemudi juga dianjurkan mempunyai kelenturan dan kekuatan mencengkram.

Sepatu yang baik adalah sepatu yang ergonomis, yaitu sepatu mengikuti bentuk kaki kita saat berdiri, menapak lantai mobil dan menekan gas dan kopling. Yang penting adalah kita merasa nyaman memakai sepatu tersebut sehingga kaki tidak cepat lelah dan tidak leluasa. Untuk bahan yang paling ideal adalah bahan kulit, karena kulit mempunyai kekuatan, kelenturan dan daya tahan. Karena kulit mempuyai pori-pori sehingga kaki tidak panas, dan mempunyai sifat lentur, dan daya tahan yang lumayan lama. Tetapi untuk kulit sintetis bisa juga tetapi akan lebih panas dan ketahannya tidak sebaik bahan kulit.

Sol tumit ciri utama sepatu mengemudi adalah adanya sol belakang, yaitu solnya menutupi sampai kaki belakang. Dengan kata lain sol tersebut menutupi bawah sepatu dari depan sampai belakang di atas tumit. Gunanya adalah untuk menambah cengkeraman kaki ke lantai mobil saat menyetir suoaya tidak slip.

Yang terbaik untuk sol sepatu mengendara adalah dengan menggunakan sol dengan bahan karet, karena karet dipercaya untuk membuat grip yang lebih besar, lebih bagus daya cengkeramnya. Jadi tidak mudah untuk slip. Kekurangan sol karet ini adalah beratnya,tapi disaat basah daya cengkeram tetap bagus. Tetapi jangan didekatkan dengan minyak, karet menjadi licin.

Moccasin sepatu ini dinilai paling cocok untuk pengemudi, karena sepatu ini sangat lentur, mengikuti bentuk kaki dan gerakan kaki, bahkan bisa dilipat/digulung. Moccasin ini awalnya dibuat oleh suku indian dan penjelajah eropa dan kemudian menjadi trend global hingga pada saat ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>