Fitur-fitur tersembunyi dan baru all new avanza dan xenia

all new avanza, all new xenia fitur-fitur baru

all new avanza, all new xenia

Avanza dan xenia merupakan mobil yang bisa dibilang sejuta umat. Dan selama lebih dari 8 tahun merajai penjualan di Indonesia. Dengan populasi yang sangat banyak, pada akhir tahun 2011 kemarin pabrikan Toyota dan Daihatsu meluncurkan all new avanza dan xenia. Dengan degala penyempurnaan di segala sisi, eksterios , interios dan segala fitur-fitur tambahan. Untuk itu akan kita bahas satu persatu Fitur-fitur tersembunyi  dan baru all new avanza dan xenia
a. Speed sensing auto door lock
Yaitu fitur yang terdapat pada all new avanza yaitu dibuat untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Fitur ini berguna ketika pengendara lupa mengunci pintu saat mulai mengendarai mobil. Namun setelah mobil berjalan dan mempunyai kecepatan mulai 20 km/jam, kunci akan aktif mengunci secara otomatis. Ini berhubungan dengan sensor kecepatan.
b. Pembungkus aki
Di all new avanza dan xenia di semua tipenya telah ditambah fitur pembungkus aki, kecuali di all new xenia yang 1000 cc. pebungkus aki menggunakan bahan busa tipis yang dilapisi plastic keras. Penutup ini fungsinya adalah supaya temperature sekitar tidak berpengaruh ke aki. Jadi suhu aki akan lebih terjaga. Dan tentunya juga aki akan lebih awet.
c. Tabung resonator
Tabung resonator ini hanya terdapat di all new avanza yang 1500cc(tipe G) dan avanza veloz. Akan terlihat tabung resonator tambahan yang terletak pada slang saluran udaha sebelum filter udara. Fungsinya adalah mengurangi suara yang masuk ke mesin, dengan kata lain mengurangi engine noise. Tabung ini baru berfungsi pada saat kecepatan tinggi, bunyi bersiul berkurang.
d. Sirene alarm
Salah satu yang baru di mobil ini adalah penambahan sirene sebagai sumber bunyi ketika alarm aktif. Letaknya di ruang mesin sebelah kanan. Sirene ini hanya terdapat di all new avanza 1300cc dan 1500cc, fungsinya adalah supaya keamanan lebih terjamin karena pada avanza lama alarm masih menggunakan speaker klakson sebagi sumber bunyi ketika alarm aktif. Sehingga dapat mengurangi tangan jahil yang ingin memutuskan kabel klakson untuk menonaktifkan bunyi alarm.
e. Fuel empty warning
Merupakan fitur yang baru dan sama sekali berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana pada generasi sebelumnya indicator bensin masih menggunakan system jarum. Dan untuk generasi baru ini menggunakan tipe digital, dimana tipe ini dapat memberikan informasi tentang ketersediaan bensin. Dimana lampu penunjuk akan berkedip cepat bila dalam tangki tersisa 6-7 liter, sedangkan bila berkedip 2 kali pelan masih tersisa 10 literan.
f. EPS dan Tilt Steering
Pada generasi baru ini telah ditambahkan EPS(Electronik Power Steering), dimana power steering menggunakan elektris tidak dengan hidrolis lagi. Piranti ini telah disematkan pada seluruh varian dan tipe all new avanza dan all new xenia. Keunggulan piranti ini adalah menggunakan bantuan motor listrik sehingga tidak membebani kerja mesin karena mengambil tenaga dari aki. Implikasinya adalah setir menjadi lebih ringan dan kerja mesin lebih efisien, dan konsumsi bahan bakar lebih hemat. Kemudian fitur tilt steering, yaitu fitur untuk mengatur tinggi-rendah posisi setir. Piranti ini ada di semua tipe all new avanza, sedangkan pada all new xenia hanya pada 1.300cc saja.
g. Dimmer interior lamp
Yaitu fitur yang berkaitan dengan lampu kabin, dimana lampu kabin akan tetap menyala meskipun semua pintu telah tertutup rapat. Tetapi lampu ini akan mati dengan sendirinya secara perlahan.
h. Cup/bottle Holder
Fitur tambahan ini digunakan bagi pengendara yang ingin menyimpan minuman dalam jumlah yang lebih banyak, khususnya bila menempuh perjalanan jauh. Total tempat minuman yang ada di all new avanza sejumlah 17 tempat minuman yang tersebar dari depan sampai belakang, sedangkan untuk all new xenia total ada 18 tempat minuman. Perbedaannya terdapat pada konsul tengah yang terdapat laci yang bisa muat 2 botol, sedangkan pada all new avanza di konsul tengah hanya bisa memuat 1 botol.

Sumber:otomotif

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>