komponen-komponen utama pada mobil yang bikin boros dan mahal(PART I)

uang, duit

uang

komponen-komponen utama pada mobil yang bikin boros dan mahal, khususnya pada saat mobil kita rusak mungkin kita masih bisa tersenyum bila ongkos memperbaikinya masih tergolong murah, tetapi bila ongkosnya mahal mungkin kita bisa gigit jari. dibawah ini beberapa piranti yang bikin kantong jebol bila rusak.

  1. Airbag system

Airbag system digunakan sebagai piranti keselamatan untuk pengemudi dan penumpang. Yang jamak terdapat pada mobil saat ini, airbag biasanya terdapat pada setir pengemudi atau di depan dasbor penumpang depan atau kedua2nya. Airbag sejatinya menyerupai kantung udara atau balon, untuk mengaktifkannya terdapat sensor. Sensor ini biasanya terdapat di moncong mobil didepan. Bila terjadi benturan(kadang tidak perlu benturan keras untuk mengaktifkan airbag, kadang cukup benturan ringan maka airbag akan mengembang.

airbag, double airbag, balon airbag

airbag, double airbag

Bila mengembang dan covernya pecah maka tidak bisa diperbaiki dan diganti dengan refill. Karena airbag tersebut mempunyai banyak sensor-sensor dan ECU airbag yang  kesemuanya merupakan airbag assembly kit yang harus dibeli secara paket lengkap beserta balon dan lain2nya. Dan yang membuat kaget adalah harganya yaitu mencapai 20-30 juta rupiah.

 

 

2. Rem ABS

Antilock Braking System atau ABS ini merupakan salah satu piranti keselamatan yang berhubungan dengan system pengereman. Yaitu fitur untuk memungkinkan pengereman mendadak tidak membuat keempat rem di roda mengunci. Adanya sensor  di roda akan membaca perputaran ban sehingga saat rem ditekan maka sensor ABS secara otomatis akan bekerja mengatur tekanan oli di master rem. Bila rusak siapkan saja 10-15 juta untuk membeli sensor, motor ABS dan ECU

ABS, sistem, braking

ABS