Problem Yamaha vixion dan cara mengatasinya

yamaha vixion,motor yamaha vixion, modifikasi, part racing

yamaha vixion

Yamaha vixion salah satu motor sport yang diminati oleh orang Indonesia. Dan juga sebagai leader di kelas motor sport,ini mencerminkan motor ini banyak bersliweran di jalan. Oke, sebagai benda buatan manusia motor ini juga tidak sempurna alias ada masalah(bukan banyak masalah). Berdasarkan apa yang saya baca dan saya rasakan ada beberapa problem yang lumayan mengganggu. Antara lain:

  1. Pompa Bensin macet, karat dan bocor
  2. Mesin brebet/ndut2an
  3. Susah oper gigi khususnya saat dinetralkan

Untuk masalah yang pertama; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga  ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.

Untuk masalah yang kedua yaitu mesin brebet hal ini terjadi bisa karena pemakaian knalpot yang tidak pas, kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX(pengalaman pribadi).

Masalah yang terakhir adalah susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. Dan harus diganti. Salah satu masalah dengan vixion sudah dibahas kemungkinan masih ada yang lain. Semoga artikel ini bisa membantu.

 

230 thoughts on “Problem Yamaha vixion dan cara mengatasinya

  1. ndut2tannya si-vixi gue ga nguatin gan..!!

  2. kenapa gan? coba cek satu2..paling gampang biasanya businya udah mati or salah busi pake punya jupiter MX.

  3. bagaimana cara mengatasi indikator kondisi mesin bermasalah, berkedip saat mesin hidup

  4. sebenarnya untuk indikator mesin yang berkedip itu mempunyai arti masing-masing dan menandakan ada kerusakan pada sistem injeksi.lebih baik segera ke bengkel resmi untuk mengecek arti kedipan pada motor mas..karena biasanya pada bengkel resmi sudah ada alat khusus untuk mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi. CMIIW

  5. • Vixion q pantum bensin gak naik. Ktka q bka pompa bensin yg berada d dlam tngki tersebut dn langsung q sambungkan pompa tersebut dengan soket pantum bensin dan q naik.kan pelampung tsb . Pantum bensin ikut naik. Dn ketka q rendam pompa tersebut d dalam bensin pelampung menganmbang. Tpi Ќεήªp∂ d saat q pasang kembali pompa itu ke dalam tengki dan q pasang soket itu kemudian q hidupkan sepeda.q Ќεήªp∂ pantum itu tdk naik. Tolong d bantu Iyαααº°˚ª˚°ºα•

  6. wah berani juga ya gan ngelepas pompa bensin sendiri, soalnya di mekanisme fuel pump agak sensitif dengan kelistrikan. saran saya sih lebih baik ke bengkel resminya aja gan.. motor injeksi memang agak nahan diri untuk ngoprek sendiri..:)

  7. knp ea mtr ku pdhal ru 2 bulan.. tp dah brmasalah kipas mutar trus dan lampu indikator nyala trus. ky over healting. padahal spda mtr dingin ga d idupin..

  8. hmnn..motor agan dipasang aksesori yang berkaitan dengan kelistrikan ngga? contoh: alarm, klakson dll. kayaknya ada konsleting pada kelistrikan motor agan.coba cek kabel2 kelistrikan, mungkin ada yang salah pasang or kebuka kabelnya.

  9. gan tau ga nama part seal shockbreaker dpn vixion
    1K … Brp gtu
    Pny ane bocor

  10. Gan, mau nanya… Vixion ane tahun 2009… Yang herannya 2 tahun pertama ane cuman ganti busi 7 bulan sekali tapi akhir2 ni motor ane sering merepet, masalahnya busi… Kalau udah ganti busisih kembali normal cuman sbulan siap itu balik lagi penyakitnya… Gimane tu gan ?? Makasih sbelumnya.. 😀

  11. coba cek businya gan.. pake busi standar vixion yang kodenya CR8E ngga? biasanya ada mekanik yang suka ganti busi pake punyanya jupiter MX..

  12. brow vixion q busi sering matii,, penyebab nya apaa tuu
    and solusi nya skalian ya broo
    thank…………

  13. Pertama cek kode businya…standar vixion ngga. Kalo udah dan kode businya sesuai…cek warnA ujung businya..pembakranya sempurna ngga? pembakaran sempurna ditandai dgn warna merah bata or kecoklatan. Kalo putih atau coklat muda berarti terlalu kering kurang bensin. Kalo hitam dan basah berarti terlalu basah kebanyakan bensin. Trus diliat pengapiannya dicek stabil ngga..cmiiw

  14. Gan mau tanya, motor ku lampu depannya redup sendiri ketika motor hidup dan sudah berjalanagak lamaan, apa lagi kalo lampu sein nya hidup ditambah lagi ngerem klaksonmalah jadi mati, .kira” knapa ya gan ??

  15. maaf gan motornya vixion bukan yah? kalo vixion lama pake pengapian DC, jadi arus listrik langsung dari aki. kalo bohlamnya redup sendiri pas motor hidup bisa jadi ada kabel yang konslet gan..dan coba cek soket2nya. nah pengecekan terakhir yah cek tegangan akinya bro.. mungkin akinya udah soak. soalnya arus DC langsung ngambil dari aki..kalo akinya aja soak berarti arusnya juga ga keluar. CMIIW

  16. Bro Vixi ku kalau masukin gigi 1 berasa banget, kasar, dan suara nya sampai Gletak gitu, dan jika di rasain tiap kali masukin gigi 1 rantai berasa narik banget, emang begitu apa enggak ya kalau motor Vixi ?

  17. kadang emang gitu gan..vixy ane juga kadang gitu, kalo udah gitu tandanya udah harus servis en distel kabel koplingnya 🙂 untuk rante yang narik banget, mungkin stelan rantenya kekencengan gan..coba distel lagi..

  18. Bang, motor vikion gua knapa yah !
    Tiap moe jalan kya,adha suara !
    Kipas, yang berbenturan !
    Tp bentar ilang, jalan ilang lagi ! Knapa tuch bang !
    Tolong donk

  19. coba cek kipas radiatornya gan..mungkin ada yang rusak or ada yang menghambat putaran kipasnya

  20. gan, vixion gw ndut2an. pas rpm-nya 700 mesin tiba2 kya mo mati, masalahnya kira2 apa tu gan? anyway thanks berat

  21. gan’ mohon di bantu moton vixion sya udah ganti kiprok sama aki baru, tapi tiap nyalain lampu gede si mesin ngedadak mati dan susah lg hidupnya. kira kerusakannya dr mna ya.
    tnk’

  22. pas ganti aki dicek ngga teganggan akinya sewaktu lampu besar dihidupkan? kemungkinan besar ada konstleting di jalur lampunya.untuk awal coba cek saklar lampu depan gan..ada kabel yang mengelupas or rusak gitu..cmiiw

  23. ne gua unya vixion th 08 , dalm beberapa hari ne kipas radiatornya idup trus walau saat mesin lum panas napa tu ,,mhn batu!!!

  24. sensor temperaturenya mungkin error gan..itu fungsinya untuk menghidupkan kipas bila temperatur mesin sudah dianggap panas kalo ga salah sekitar 80 derajat.

  25. tolong motor vixion saya macet gak bisa hidup,,,dan lampu kontrol yang warna kuning terus menyala,,, bagaimana cara mengatasinya,,sedangkan daerah saya jauh dari kota dan jauh dari bengkel yamaha,

  26. gan motor vixion q.. ketika pas mo oper gigi 4 kurang masuk (pas), kemudian timbul suara gitu..gara-gara gigi masuknya kurang pas… “pertanyaannya apa semacam itu bisa ngrusak gigi mesin ya?

  27. Gan Vixion ku di hidupin bisa tapi kenapa kipas radiator nya gak hidup gan ?
    Penyebab kipas radiator gak hidup kenapa gan?
    kalau gak hidup kipas nya cepat kali panas nya motor ku gan
    tolong di bantu gan

  28. nyala terus ya gan….berarti ada sensor2 yang error or rusak. mungkin tabel ini bisa membantu (pinjem ya gan) http://beckhem.files.wordpress.com/2012/04/tabelindicator-kerusakan-vixion.jpg. trus ada juga tabel yang menunjukan akibat sensor rusak apakah motor bisa hidup atau tidaktabel ecu error. sarannya coba dicek kelistrikan , dan semua beban listrik dikurangi. supaya ecu mendapat supply listrik yang stabil..terus diengkol. mudah2an bisa jalan.. kalo dah bisa jalan langsung dibawa ke bengkel resmi ya gan..

  29. berarti ada setelan yang kurang pas gan..untuk merusak mesin mungkin ga secara langsung gan, tapi kalo terus2an bisa aja merusak gigi-gigi didalam transmisi dan ke perangkat koplingnya. mungkin distel lagi aja gan koplingnya…

  30. pasti jadi panas gan..wong kalo idup kipasnya pas jalan macet aja tetep kerasa panasnya di kaki. itu ada sensor temperaturnya yang rusak gan..coba dicek aja.kipas hidup saat temperatur mesin mencapai 80 derajat. kalo sensornya ga rusak berarti kipasnya yang rusak gan..biasanya sih di dinamo kipasnya

  31. gan motor v-ixion ane kalo uda panas lampu indikator suka nyala terus gan…
    trus tiba” mati sendiri kenapa tu gan ??

  32. setiap indikator nyala berarti ada kerusakan gan, komen dibawah ada tabel arti kedipan dari lampu indikator. terus itu terasa panas bgt ga gan mesinnya? kalo panas bgt ada indikasi motor agan overheat atau kepanasan. coba cek air radiator dan extrafan.

  33. pengaruh gak gan klo mtor nvl pke knalpot r9 pda sistem injeksi

  34. untuk pengaruh ngga..jelas berpengaruh gan..coz ada perubahan di sistem pembuangan(knalpot). tapi untuk mendapat hasil maksimal harus disetting lagi gan.. khususnya di semprotan bahan bakar.

  35. gan…ku mw tanya..
    untuk setelan knalpot racing pada vixion,…agar suaranya mbrebet-brebet(atau di sini istilahnya setelan mbrebet)….itu gmna y gan??

  36. maksudnya gimana gan? biar ga brebet ya gan? brebet itu istilah untuk kalo kita tarik gas motor ngga langsung jalan, ada jedanya..dret.dret gitu..untuk setelah knalpot racing vixion paling mudah setel lagi COnya. dan yang paling pas adalah pake piggyback sistem injeksi

  37. gan vixion ane klo d gas tnggi ga mo rata mlah brebetn ga jelas ap lg klo d gas agak ngebentak lbih parah, kira” knp y gan,,,,???

  38. pertama cek busi gan..businya bener2 untuk vixion ngga? trus cek jalur bensin, termasuk filter bensin. kalo kotor dikuras gan..kadang ada air yang masuk tangki. kalo masih servis sistem injeksinya gan..:)

  39. gan kalau injeksi vixion di buka dari tanki dan di biarkan d tempat udara terbuka kiira” ada efek nya gk ya gan ? soal nya tanki ane lagi di cat gan , jadi injeksi nya di buka .
    gimana tu gan ?

  40. maksud ane pompa bensin yg di dalam tangki vixion gan ?

  41. ga masalah gan..yang penting tangki bensin ga kemasukan benda asing. dan sebaiknya sebelum dipasang lagi dikuras dan dibersihin tangkinya dulu gan..

  42. oke sip gan ..
    satu lagi gan ..
    vixion ane cepat bnget panas nya gan ,,
    padahal air radiator nya full trus gan ..
    kalau udah panas gitu , motor ane brebet ,,
    kadang matii ..
    kalau hidup pun keluar asap hitam dan brebet gan ..
    kenapa ya gan ?

  43. udah cek kipas radiatornya gan? idup ngga? kalo idup saran saya coba agan servis besar dan bersihin kerak yang ada di silinder..

  44. si kuda hitam saya, pada waktu kontak dinyalakan pada spidometernya kok kadang-kadang hidup,,,kadang2 kagak ya gan? nah, parahnya kalau lagi jalan terus gas nya dikecilin langsung mati pet gan,,dan sulit dihidupin. spido kagak hidup sama sekali.
    tolong ya agan,,,,,,sudah tak bawah ke bengkel resmi tpi waktu di cek g ada masalah gan, tpi kalau udah dirumah matian lagi gan…..

  45. koq aneh ya gan..udah coba cek akinya gan? atau sistem pengisian akinya..curiganya di sistem kelistrikan dan pengapiannya gan..apalgi udah ke bengkel resmi, harusnya agan balik lagi ke bengkel resminya gan..biasanya masih ada garansi 1 minggu.

  46. gan ..
    motor ane kog gak bisa hidup y skrg ni ?
    padahal skring dan aki udah ane cek gan ..
    ane idupin kontak nya gak ada idup suara injeksi atw app gtu gan ..
    diam aja gan ..
    pkq nya gk biisa idup listrik nya gan ..
    knpa tu gan ?

  47. coba cek kontaknya gan..mungkin ada kabel yang putus or sudah rusak kontaknya..

  48. gan vixi ane cepat banget panas nya gan ???
    gak sampe 10 menit perjalan sudah panas banget ..
    kmren kipas nya gak hidup gan ..
    trus kipas nya ane sambung kabel sendrii ke aki gan ,,
    kipas nya hidup tapii sama aja panas bangett ..
    tlong kasih tau masalahnya dan solusi lengkap nya gan ..

  49. walah langsung dijumper ya kipasnya..ehhe berani juga ya gan..soalnya kipas khan idup berdasarkan sensor suhu. tapi ane juga ga tau ngaruhnya kalo dijumper.. untuk masalah panas pertama cek air radiator berkurang ngga? kalo udah ditambah tapi kurang terus berarti ada kebocoran, trus ada kemungkinan air radiatornya ga bersirkulasi karena: thermostat rusak, waterpumpnya rusak. yang terakhir kemungkinan ada setelan yang kurang pas…misal bensinnya terlalu miskin sehingga jadinya overheat(terlalu irit) oh iya satu lagi gan, ada kemungkinan putaran kipasnya udah lemah karena fungsi dinamonya udah menurun

  50. kiira kiira kalau d bawa ke bengkel resmi nya biisa gak vixion ane sempurna lagi gan ..
    dan kira” biaya nya berapa ya gan kalau d bawa k bengkel resmi ..?

  51. harusnya bisa gan….masak bengkel resmi ga bisa benerin. kalo bengkel resminya ga sanggup agan lapor aja ke yamaha pusat. untuk biayanya tergantung apa dulu yang rusak gan..

  52. gan knapa mtor viksen klau lagi jalan ngadat- ngdat…

  53. cek businya dulu gan.. bener2 punya vixion ngga?

  54. gan ,,
    busi dan oli yang cocok dan bagus untuk vixion apa merek nya gan ?

  55. untuk busi yang banyak dipake aja gan..kayak NGK atau Denso. untuk motor standar coba pake busi yang tipe platinum..(ada artikelnya, dicari aja ya gan..) untuk oli yang bagus saya rekomendasi motul, tapi harganya lumayan mahal. untuk yang agak murah dan lumayan bagus biasanya saya pake pertamina enduro racing

  56. Oli itu mahal nya berapa dan oli nya 1000 ml gak gan ?

  57. gan oli apa yang gk cepat panas dan yang paling top untuk vixion 1000ml ?

  58. kalo motul yang 3100 sekitar 85rban(kalo ga salah) gan :)..iya cari yang 1000ml.

  59. kalo menurut saya motul ama enduro racing gan..coba lihat komen sebelumnya 🙂

  60. Bro Mo Tanya Vixionku kl setting co+1 knalpot nembak2 & busi warnanya putih tp kl setting co+2 busi jadi hitam & kl di gas pol keluar asap abu2….kenapa ya jd bingung nih

  61. busi putih tandanya bensinnya kurang gan, bensin hitam tandanya kebanyakan bensin. untuk kasus agan mending settingnya di co+2 aja gan..trus biar ga terlalu hitam businya, coba businya diganti dengan busi platinum. biar pembakarannya makin besar.. yang pas adalah busi berwarna kecoklatan. untuk keluar asap abu-abu pas gas pol ..biasanya indikasi pembakaran terlalu kaya alias kebanyakan bensin. coba agan servis injectornya.. mungkin udah terlalu kotor

  62. gan vixion 2009 ane kok lampu indiktor panas nya nyala setelah jalan sekitar 15 mnt ya, ane udah coba beberapa perbaikan diantara nya
    1. ganti thermosensor
    2. ganti thermostat
    3. ganti air radiator
    4. service besar (sekalian check jacket coolant nya)
    perbaikan di atas di kerjain di 3 bengkel resmi tapi tetep ga ada hasil nya .
    kipas radiator juga muter nya ga setabil (kenceng,pelan,kenceng,pelan)
    itu kenapa ya..?

  63. berarti masalahnya di dinamo kipasnya gan..coba dicek dulu..harusnya muternya stabil.CMIIW