Ragam dan Jenis tang

Perkakas ini merupakan salah satu benda yang penting, khususnya pada dunia otomotif. Tetapi tidak haram pula digunakan diluar dunia otomotif. Untuk itu mungkin kita perlu tau ragam dan jenis tang, dan hal ini juga untuk penggunaannya sesuai dengan peruntukkannya.

Seiring dengan waktu tang juga mengalami perubahan baik dalam hal material dan aksessori. Adanya lapisan karet yang anti slip, adanya tang yang dilapis bahan anti karat dll.
1. Tang kombinasi

tang, tang kombinasi, ragam, jenis, jenis tang,macam-macam tang

tang kombinasi

Tang ini merupakan tang yang sering kita jumpai, dan banyak sekali kegunaannya. Antara lain dapat digunakan untuk menjepit, memuntir, mengupas, dan memotong kabel. Ukurannya biasanya 6-7 inchi.

 

 

 

 

2. Tang curut(tang lancip)

tang, jenis tang, ragam tang, serba serbi, tang curut, lancip

tang lancip

Tang curut ini bentuknya sesuai dengan tikus curut, yaitu jenis tikus yang moncongnya panjang dan lancip. Tang ini juga berfungsi untuk menjepit, dan memudahkan untuk menjangkau sela-sela sempit pada kendaraan.

 

 

 

 

3. Tang jepit buaya

tang buaya, tang, tools, utility, tang buaya, ragam, jenis

tang buaya

Tang jepit buaya biasanya dilengkapi dengan pengunci obyek yang di operasikan dengan cara memuntir pada bagian ujung tangkainya. Fungsi dari tang ini adalah untuk menjepit baut atau mur.

 

 

 

 

4. Tang burung

tang burung, tang, utility, tools, ragam, varian

tang burung

Tang ini mirip dengan paruh burung, tang burung ini mempunyai daya cengkram yang kuat. Karena pengungkitnya lebih panjang dan kepala langsung ke obyek. Untuk ukuran tersedia dalam ukuran 8 inchi,10 dan 12 inchi.
5. Tang potong

tang, tang potong, kegunaan, cara, macam-macam tang

tang potong

Tang ini mempunyai mata pisau di sisi dalamnya. Tang ini berfungsi untuk memotong kabel dan kawat.

 

 

 

 

 

 

6. Tang snap ring

tang, snap ring, utility, jenis, ragam tang

tang snap ring

Tang ini dikenal juga dengan nama tang spi, yaitu berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 model yang dibedakan berdsarkan ujungnya yaitu lurus dan bengok.

 

 

 
7. Tang rivet

tang rivet, tang, jenis tang

tang rivet

Terdapat dua tipe yaitu biasa dan fleksibel, kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus maupun sudut.

 

 

8. Tang slip joint

tang, tang slip joint

tang slip joint

Tang standar bawaan mobil dan motor. Dimana biasanya menjadi bonus disaat mobil/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasj, tetapi lebih sederhana dari tang kombinasi. .

Be Sociable, Share!

One thought on “Ragam dan Jenis tang

  1. mantap sekali infonya, ijin sedot yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>