Tips Memilih mobil bekas

mobil bekas, tips dan trik, cara memilih

mobil bekas

Mobil bekas di saat ini masih primadona, apalagi pada saat liburan dan mudik lebaran. Orang pasti berupaya mencari mobil bekas yang berkualitas dan siap pakai. Untuk itu ada beberapa tips  memilih mobil bekas. Antara lain.
Hati-hati dengan mobil bekas yang terlalu sempurna apalagi dengan embel-embel jarak tempuh yang rendah. Maka patut diwaspadai karena terlalu sempurna itu juga tidak bisa dipertanggung jawabkan apalagi untuk mobil bekas yang usinya antara 2-5 tahun. Hal-hal yang bisa dicurigai adalah adanya kertas yang digantung di tuas wiper didalam mobil dibawah setir. Logikanya kalau mobil dijual biasanya kertas-kertas ini dibuang, sebaliknya kertas-kertas tersebut masih tergantung di tempat tersebut seakan-akan ingin menunjukan sesuatu. Karena kertas-kertas tersebut seringkali ditulis sendiri recordnya, karena untuk mendukung odometer yang telah dimundurkan kilometernya. Bahkan bisa dibuat berdasarkan interval tertentu, untuk menunjukan bahwa mobil ini dirawat secara berkala.
Hal lain yang patur dicurigai adalah adanya sarung jok, seringkali bila jok asli bermasalah(sobek,bolong dll) cara yang paling gampang dan cepat adalah dengan memakaikan sarung jok ke jok yang asli. Apalagi sarung jok tersebut masih kinclong dan tidak sesuai dengan masa pakai. So jangan lupa untuk meminta penjual membuka sarung jok, untuk melihat apakah jok asli masih dalam kondisi baik atau tidak. yang berikutnya adalah dengan mencermati ban, yup ban. Ban asli atau orisinil dari pabrik biasanya bertahan sekitar 80ribu kilometer, bila mendapati odometer masih disekitar 60ribu tetapi ban telah digundul/habis. Maka hal ini dapat dicurigai ada kemungkinan ban asli OEM telah diganti.
Selain diatas cara lain adalah dengan melihat saluran BBM mengkilap atau tidak, bila mobil bekas tersebut berjarak tempuh rendah atau jarang dipakai pasti jarang mengisi BBM. Bila mengkilap dapat dipastikan mobil bekas tersebut memang jarang dipakai, tetapi sebaliknya bila saluran BBM sering diisi dan buram. Patut diwaspadai adanya kecurangan pemunduran odometer.
Cara-cara diatas bukan merupakan hal yang mutlak, yang bisa mendeteksi sebuah mobil bekas. Banyak hal-hal lain yang bisa di lakukan. Tulisan berikutnya akan mencoba menggali lebih dalam dalam memilih mobil bekas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>