Tips mengatasi Suzuki satria FU yang menembak

 

suzuki satria, FU 150R, suzuki satria FU, knalpot nembak, tips dan trik

suzuki satria

Sebagai mantan pemakai satria FU, problem ini muncul pada saat pertama kali satria FU ini muncul di public. Yaitu adanya keluhan bila motor digas dan dalam kecepatan tinggi menutup gas maka knalpot akan menembak. Bagi sebagian orang suara ini sangat menggangu, oleh karena itu sebaiknya bila motor satria FU anda mengalamai hal yang sama maka langsung cek 3  piranti ini, antara lain:

Busi, segera cek celah busi, bila tidak sesuai seperti yang dianjurkan pabrikan yaitu 0,7-0,8 mm. maka segera stel celah busi tersebut dan kembalikan pada celah anjuran pabrikan. Seringkali celah tersebut berubah-ubah karena disengaja dirapatkan ataupun sebaliknya, karena pemakaian bahkan jarang di cek. Kalau celah busi terlalu rapat efeknya pembakaran kurang sempurna, dikarenakan bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak, namu ledakan apinya kurang maksimal. Ini yang menyebabkan timbulnya ledakan di ruang bahan bakar.

Slang PAIR yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang juga dapat menyebabkan knalpot yang menembak, biasanya dikarenakan adanyan komponen yang bermasalah,seperti slang yang lepas atau retak. Sering kejadian adalah slang PAIR retak sehingga ada kebocoran dan mengakibatkan udara luar masuk. Cara mengatasinya adlah dengan mengganti slang tersebut atau potong bagian stang yang retak.

Yang terakhir adalah Pilot jet, standar pabrik satria FU ini dibekali ukuran 12,5. Efeknya pada putaran bawah agak brebet serta timbul gejala nembak-nembak. Hal ini terjadi karena ruang bahan bakar kekurangan bensin untuk dibakar atau settingan terlalu irit. Solusinya adalah dengan mengganti pilot jet dengan ukuran lebih besar. Biasanya dengan ukuran 17,5 , setelah dipasang dijamin satria FU akan berkurang gejalaa nembak bahkan bisa hilang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>