Pantangan –pantangan motor injeksi

injeksi, honda CBR 250R, sistem injeksi

honda CBR 250R

Saat ini motor injeksi makin banyak  terlihat di jalan, dari bebek, skutik sampai dengan motor sport. Antara lain adalah honda supra X 125 helm in, yamaha mio J, yamaha vixion, honda CBR 250R, kawasaki KLX 250 dan masih banyak lagi. Perbedaan dengan motor karburator adalah untuk motor injeksi semua yang berhubungan dengan bahan bakar diatur oleh ECU.  Sehingga bensin, udara dan ledakan akan diatur sedemikian rupa sehingga akan lebih efisien dan efektif. Dan tentunya harapanya akan lebih hemat BBM dan tenaga yang lebih.

Di balik keunggulan motor injeksi terdapat juga hal-hal yang harus diperhatikan, sistem injeksi lebih sensitif terhadap sistem kelistrikan dan sistem pembakaran. Untuk sistem kelistrikan lebih baik dijaga supaya tidak muncul beban listrik yang berlebihan yang bisa mempengaruhi kinerja motor injeksi. Salah satunya dengan menambahkan variasi yang berhubungan dengan listrik, contoh mengganti klakson , mengganti lampu, menambah lampu variasi. Kemudian juga sebaiknya jangan memasang sembarang alarm, dan pastikan yang memasang merupakan orang yang sangat mengerti sistem kelistrikan motor injeksi.

Patut menjaga kestabilan arus, yaitu dengan pengecekan arus secara berkala yaitu berada di sekitaran 12,4 volt.

Kemudian untuk sistem pembakaran lebih baik menjaga kualitas bensin, dalam hal ini jangan terlalu sering mengisi bensin di pinggir jalan. Karena kualitas bensin yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, hal ini berkaitan dengan fuel pump yaitu pompa bahan bakar dan injektor. Bila terdapat kotoran maka pompa bahan bakar bisa tersumbat dan jebol, dan juga bila kotoran telah sampai di injektor maka dapat menghambat semprotan injektor. Dan jatuhnya juga injektor akan jebol.

Be Sociable, Share!

15 thoughts on “Pantangan –pantangan motor injeksi

  1. mas terus apa yang harus di lakukan kalo motornya udah mati karena klistrikan, soalnya motor sya juga punya kendala seperti itu?
    mhon bantuannya!

    • coba cek sekringnya dulu mas, putus apa ngga? trus dilihat lampu engine checknya menyala ngga? or cek akinya rusak apa ngga. untuk jelasnya coba langsung ke bengkel resmi, disana ada alat untuk deteksi kerusakan injeksi.

  2. kalaw di mtor injenksi ke habisan bensin total. . .dan strus’a di isiin bensin lg . Apkah bs hidup lgi?. Tolong penjelasan nya y. ?

    • bisa hidup lagi gan.. karena pada pompa bensin injeksi sudah dilengkapi dengan pressure regulator yang mengatur tekanan bahan bakar, bila tekanan tersebut kurang maka pressure regulator akan mengirim sinyal ke ECU untuk menghentikan pompa bahan bakar. kemudian setelah bensin diisi lagi maka otomatis tekanan bahan bakar akan normal dan pompa bahan bakar akan bekerja lagi, tentunya motor akan langsung hidup.

  3. sudah jamannya motor injeksi, sayang kalau motor kesayangan ane harus ditukar dengan motor injeksi

    • ga usah dituker gan..sekarang ada yang jualan part2 injeksi untuk dipasang ke motor karburator. semacam produk aftermarket gitu gan..tapi yah harganya lumayan agak mahal :)

  4. motor saya injeksi dipasang alarm, sehari bagus, hari keduanya setelah kunci kontak di on kan alarm nyala terrus akhirnya di kembalikan ke posisi normal tanpa alarm tapi lamu sen, klakson, tidak nyala, mohon bantuannya.

  5. kalo sepeda motor injeksi kehabisan bensin gmn boos?

    • gpp gan..ntar setelah diisi bensin lagi bisa langsung hidup. tapi kalo bisa jangan sering2 kosong tangkinya, bisa buat pompa bensinnya panas dan menimbulkan uap air bisa karatan, akhirnya bocor tangkinya

  6. mas saya minta di bantu dong cara pemasangan lampu hid.pada motor mio soul gt.full injksion.karna saya awam banget.dan kalau bisa tampilkan gambarnya ya mas,,,,,,thanks banget ya masss

    • waduh..mohon maaf banget mas..saya belum pernah masang lampu HID..kita sama2 awam. mungkin masnya bisa ke forum HID or cari orang yang bener2 paham kelistrikan motor dan bisa masang HID. saran saya hati2 masang HID di motor injeksi karena injeksi lebih sensitif terhadap kelistrikan..cmiiw

  7. mas kalo suatu saat ganti aki, apakah tidak berpengaruh pada alat-alat yang mengatur kelistrikan?

  8. Mas sy newbi pada motor injeksi, maka sy rada cerewet bnyk nanya (ga papa kan?). Rencana sy mo pasang klakson keong & alarm, tp pas sy googling, katanya itu bisa berpengaruh pada keawetan aki, gimana tuh mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>