Penyebab temperatur mobil tinggi (overheating)

indikator suhu, memanaskan mobil, overheat, terlalu dingin, terlalu panas, penyebab overheat

indikator suhu

Untuk mobil yang sudah berumur, gejala overheating kerap terjadi. Hal ini sudah tentu karena berbagai macam hal. Selain umur komponen, perawatan, dan perlakuan pemilik pada mobilnya yang menyebabkan overheating ini terjadi. Overheating ini biasanya ditandai pada indikator suhu yang telah melewati angka setengah dan terus naik, bila ini terjadi  maka segera pinggirkan mobil dan matikan mesin. Karena bila diteruskan suhu mesin mobil akan menjadi terlalu panas dan bisa menyebabkan mogok bahkan kerusakan yang lebih parah.

Overheating  terjadi karena sistem mesin atau bagian dari sistem mesin yang tidak berfungsi dengan baik, khususnya yang berhubungan dengan sistem pendingin mobil. Untuk itu berikut hal-hal yang bisa menyebabkan mobil overheating.

  1. Karena radiator bocor

Bila radiator bocor maka air radiator akan berkurang bahkan abis, hal ini dapat menyebabkan overheating. Segera cek air radiator, apabila berkurang terus maka dapat dicurigai radiator tersebut bocor. Kemudian overheating bisa terjadi karena air radiator mampat karena faktor air. Air dalam radiator lama kelamaan menjadi keruh, kemudian menjadi lumpur akhirnya mengendap dan menyumbat saluran air radiator. Kalau mengisi air radiator dengan air biasa jadwal kuras air adalah sebulan sekali, lain hal bila mngisi air radiator dengan radiator coolant bisa diganti 6 bulan sekali. Dengan catatan tidak terjadi kebocoran.

2. Cek tutup radiator dan slang radiator

Tutup radiator berfungsi sangat vital dimana terdapat katup yang mengatur air bersirkulasi, sehingga tutup radiator dibuat untuk menahan tekanan tinggi. Bila tutup radiator ini rusak maka katup tersebut tidak terbuka dan menyalurkan air cadangan ke radiator. Dan juga air dapat keluar dari tutup radiator yang rusak. Kemudian cek juga slang radiator khusunya di bagian klem, gembung atau tidak atau ada kebocoran pada kem slang radiator.

3. Waterpump rusak

Pirainti bertugas untuk mensirkulasikan air ke seluruh mesin dan kembali ke radiator untuk didingginkan. Bila rusak sudah tentu akan membuat air tidak bersirkulasi dan didinginkan di radiator.

4. Kipas radiator rusak dan termostat rusak

Kipas radiator ini fungsinya adalah ikut berfungsi mendinginkan radiator. Billa rusak maka pendinginan akan tidak maksimal, apa lagi sewaktu mobil pada posisi diam. Kipas ini juga membantu aliran udara dari depan radiator untuk melepas panas. Kipas juga bisa rusak atau bilah-bilahnya yang rusak. Termostat rusak karena mungkin ada kotoran yang menyumbat,  sehingga sirkulasi air terhambat bahkan dapat berhenti.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>