Subtitusi Part sesama motor yamaha (part 1)

logo_yamaha, part pengganti yamaha, yamaha, subtitusi part

yamaha

Pabrikan motor biasanya menggunakan kebijakan untuk penggunaan part yang sama pada beberapa motor produksinya. Hal ini dikarenakan untuk untuk mengurangi cost produksi,atau disebut dengan common part. Jadi satu part bisa digunakan pada beberapa motor, meskipun motor tersebut berbeda jenisnya. Keuntungan dari common part ini adalah bila salah satu part kosong maka bisa memakai part motor lain. Dan tentunya pada motor yang produsennya sama, akan banyak juga kesamaan partnya. Berikut adalah common part bagi sesama motor yamaha.

Kampas rem, untuk kampas rem depan bagi yamaha jupiter Z dapat diganti dengan kepunyaan yamaha vega ZR, jupiter MX,mio soul , Mio sporty dan vixion, atau sebaliknya. Untuk kampas rem belakang semua bebek yamaha sama dan bisa saling tukar, kecuali dengan yamaha new jupiter MX yang mempunyai rem cakram di roda belakang. Untuk skutik juga sama dapat saling tukar.

Kampas kopling, bila sudah saatnya diganti maka untuk motor vega zr bisa memakai kepunyaan yamaha new jupiter. Harga dan bentuknya sama. Dan untuk semua bebek versi lama, bisa saling tukar meskipun ada perbedaan part number dan harga. Akan lebih bijak bila memilih dengan harga yang paling murah. Untuk motor sport antara yamaha vixion dan scorpio kampas koplingnya dapat saling ganti, tetapi untuk kampas kopling scorpio dianggap mempunyai kualitas yang lebih bagus dari vixion. Dan kelebihannya lagi adalah kampas kopling scorpio lebih murah harganya dibanding kepunyaan vixion. Untuk skutik kampas koplingnya semua sama, kecuali yamaha xeon yang mesinnya 125cc.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>