Teknologi baru yang ada di Yamaha Jupiter Z1 (part 1)

 

yamaha jupiter Z1, motor baru

yamaha jupiter Z1(sumber:yamaharacingindonesia.com)

Baru-baru ini Yamaha kembali mengeluarkan motor yang bisa dibilang baru. Yaitu Yamaha Jupiter Z1, motor ini secara fisik masih sama dengan generasi sebelumnya. Tetapi sebenarnya banyak fitur-fitur baru yang disematkan dalam motor ini, dan tentunya fitur-fitur baru ini dengan tujuan adanya peningkatan performa,kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Oleh karen itu akan dibahas fitu-fitu baru yang ada pada motor ini antara lain.

  1. Sayap samping 2 lapis

Bila dilihat maka sayap samping jupite rZ1 ini sangat berbeda dengan bebek biasanya, bahkan dengan generasi sebelumnya. Yaitu adanya 2 lapis sayap samping. Tujuan dibuatnya 2 lapis sayap samping ini adalah pertimbangan dari segi aerodinamika dan dari segi pendinginan mesin. Karena dibuat 2 lapis maka angina langsung mengarah pada kepala silinder dan blok silinder, sehingga akan lebih stabil suhunya. Harapannya juga mesin akan tetap bekerja secara optimal dan lebih awet.

2. Klep besar dan Roller Rocker Arm

Klep besar ini merupakan perubahan besar yang ada pada Jupiter Z1 ini, dibandingkan dengan generasi sebelumnya . Yamaha Jupiter Z1 ini memakai klep masuk sebesar 26mm dan klep keluar sebesar 21mm dengan batang sebesar  5mm, ditambah dengan sudut yang lebih sempit. Ditambah dengan adanya perubahan pada kem dengan durasi yang lebih optimal, ditunjang juga dengan adanya roller rocker arm. Sehinga semuanya dibuat dengan mengurangi gesekan dan membuat efek campuran bahan bakar udara dan bensin menjadi lebih besar dan homogen.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>