Teknologi baru yang ada di Yamaha Jupiter Z1 (part 2:habis)

3. Forged Piston dan dumper bolt

forged piston yamaha jupiter Z1

forged piston(sumber: tmcblog.com)

Forged piston ini bukan merupakan hal yang baru, karen terlebih dahulu telah diterapkan pada motor Yamaha lainnya. Forged piston ini merupakan piston dengan system tempa, yang lebih kuat dan tahan terhadap kompresi. Kemudian ditambah dengan ring piston yang lebih tipis  dan ringan. Kemudian dumper bolt yaitu sebuah baut pengencang yang ada pada silinder head, fungsinya adalah untuk mengurangi getaran.

4. YZ Crankshaft

YZ crankshaft, yamaha jupiter Z1

YZ crankshaft(sumber:tmcblog.com)

Yaitu teknologi dari dunia motor cros dan dunia balap yang dapat membuat rpm bisa tinggi dan minim getaran. YZ crank ini merupakan perubahan pada bih end yang dibuat lebih kuat namun ringan. Kemudian adanya balancing bandul yang lebih baik dan seimbang. Sehingga tidak menimbulkan getaran yang berlebihan.

 

 

 

5. Sistem Injeksi

Pada Jupiter Z1 ini telah disematkan perangkat injeksi yang pada generasi sebelumnya mengandalkan karburator. Tetapi system injeksi ini lebih canggih dimana terdapat  sensor yang lengkap yaitu dari proses pembacaan awal, saat pembakaran dan sesudahnya semuanya diperhitungkan oleh system injeksi ini. Untuk itu maka 33 pin sensor ada pada motor ini.sensornya antara lain , sensor temperature, tekanan udara kemudian ada sensor O2.