Tips bila mobil menghadapi masalah di jalan(part 1)

mobil mogok

mobil mogok(illustrasi)

Mumpung sebentar lagi mudik, yang pasti mudik menjadi tradisi orang indonesia setiap tahun. Dimana orang akan berbondong-bondong melakukan perjalanan jauh baik dengan mobil maupun motor. untuk orang yang akan mudik dengan mobil, khususnya mobil pribadi akan lebih baik untuk mempersiapkan tunggangannya dalam menempuh jalur mudik. Tetapi namanya juga masalah, akan timbul juga meskipun kita telah mempersiapkan tunggangan kita dengan baik. Untuk itu ada hal-hal yang dapat terjadi pada saat kita jalan jauh, problem ini sering terjadi dan ada tips bagaimana cara mengatasinya.

  1. Fan Belt kering  (bunyi nyaring)
fan belt bunyi, fan belt kering, fan belt, tips trik, solusi, mobil mogok

fan belt

 

Fan belt kering ini ditandai dengan bunyi yang nyaring dari arah mesin, dan akan semakin nyaring bila putaran mobil yang semakin tinggi.  Bunyi ini juga biasanya muncul baik dari fanbelt mesin maupun fan belt AC, alternator, atau power steering. Bila telah terlanjur bunyi sebaiknya cari bengkel kemudian langsung diganti. Karena fan belt ini tidak dapat diperbaiki, meskipun ada sejenis belt dressing yang disemprot di fan belt.  Atau bila darurat dapat memakai minyak gemuk untuk menghilangkan bunyi tersebut. Kemudian cek kereganggan fan belt, untuk fan belt yang normal keregangannya antara titik teratas dengan ditekan kebawah pakai jari maksimal 4 cm. oh iya jangan lupa pengecekan dilakukan pada saat mesin mati.

2. Mesin brebet

mesin-mobil, mesin brebet,

mesin mobil

Kondisi ini dapat terjadi bila mobil telah menempuh jarak yang lumayan jauh. Bila mobil terasa pincang ataupun tersendat-sendat. Lebih baik langsung matikan AC, lampu atau komponen yang membutuhkan listrik yang besar. Karena biasanya dengan beban mesin yang lebih ringan akan mesin akan lebih stabil. Bila masih terasa tersendat-sendat, pincang. Lebih baik langsung menepi dan mematikan mesin dan tunggu sebentar. Setelah itu coba untuk menghidupkan kembali mesin, bila berhasil hidup normal maka bisa melanjutkan perjalanan. Tetapi lebih baik untuk segera ke bengkel dan melakukan pengecekan terhadap problem sebelumnya. Biasanya juga dapat disebabkan karena pompa bahan bakar yang agak macet karena terlalu panas. Bila dimatikan asumsinya pompa bahan bakar turun suhunya kemudian dapat bekerja normal kembali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>