Tips dan trik hemat BBM untuk mobil (part 2)

4. Manajemen perjalanan

peta jakarta, peta, manajemen perjalanan, hemat BBM, perencanaan jalan

peta jakarta (ilustrasi)

Hal ini berkaitan dengan perencanaan perjalanan, pengendara diharapkan untuk membuat jalur yang paling pendek dan lancar. Sehingga untuk sampai di tempat tujuan akan lebih cepat dan efisien. Dan tidak terjebak macet, atau mencari-cari jalan sehingga akan lebih boros waktu dan bensin.

5. Memanaskan mobil

indikator suhu, memanaskan mobil, overheat, terlalu dingin

Pada mobil sekarang tidak perlu berlama-lama memanaskan mobil, karena selain bikin boros bensin dan tentu juga mobil hanya diam tidak berjalan. Untuk mobil sekarang memanaskan mobil cukup hanya 5 menit, atau sampai putaran mesin menjadi lebih stabil.

 

 

6. Jaga RPM

rpm indikator, jaga rpm, rotate perminutes, putaran mesin

RPM

Maksudnya adalah supaya melakukan pergantian gigi sesuai dengan dengan kebutuhan. Biasanya untuk mencapai konsumsi bensin yang irit lakukan pergantian gigi pada 2.800-3.200 RPM. Tetapi bila memakai mobil matik sebaiknya melakukan servis yang teratur dan cek kadar emisi. Emisi yang tinggi juga berkaitan dengan bensin yang boros karena pembakaran yang tidak sempurna.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>