Tips dan trik hemat BBM untuk mobil (part 3:habis)

7. AC

ac-mobil, pemakaian AC, hemat BBM, AC,

AC mobil

Pemakaian AC juga dibatasin, karena AC sendiri merupakan beban yang besar bagi mesin. Sekitar 4 dk akan berkurang bila AC nyala, maka dari itu bila udara luar terasa dingin segera matikan AC. Atau kurangin tingkat dingin dari AC.

8. Matikan mesin bila sedang diam

matikan mesin, mesin mobil, tips dan trik, hemat BBM

mesin mobil

Untuk ini biasakan mematikan mesin bila berhenti lebih dari 5 menit. Mesin yang terusan hidup akan membuat bensin terbuang percuma. Biasanya bila kita ke toilet atau macet yang lumayan parah dll.

 

 

 

 

 

9.Aksesori yang berlebihan dan bahan bawaan yang berlebihan

roof box, hemat bbm, tips dan trik, aksesori tidak perlu

roof box

Untuk aksesori lebih baik meminimalkan aksesoris yang tidak perlu, aksesoris ini seperti roof rack, box dll. Bahkan perangkat audio tambahan pun berpotensi untuk menambah beban kendaraan. Kemudian untuk barang bawaan sebaiknya memilih barang bawaan yang perlu-perlu saja.  Pilih barang yang ringan dan tidak berpotensi mengurangi kenyamanan berkendara.

 

 

10. Kecepatan konstan

spidometer, hemat BBM, kecepatan konstan, irit BBM, tips, trik

spidometer

Pada mobil efisiensi tertinggi dapat dicapai pada kecepatan 80 km/jam. Maka dari itu bila memungkinkan maka lebih baik menjaga kecepatan konstan sekitar itu. Untuk kecepatan segitu juga, bila dimungkinkan pada saat jalan lumayan sepi dan safety.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>