Tips dan trik nissan grand livina 1.5

nissan grand livina, tips dan trik, grand livina 1.5, slang kopling bocor

nissan grand livina

Nissan grand livina yang digadang-gadang sebagai saingan toyota avanza, mobil ini lumayan sukses penjualannya di indonesia. Ini dapat dilihat nissan grand livina selalu berada pada 3 besar penjualan di indonesia. Sebenarnya nissan grand livina  mempunyai 2 pilihan tipe mesin yaitu 1.800cc dan 1.500 cc. namun untuk indonesia nissan grand livina yang 1.5 yang lebih banyak populasinya. Dengan banyaknya populasi mobil ini maka timbul masalah-masalah yang kerap terjadi pada mobil ini. Masalah tersebut antara lain:

  1. Slang kopling bocor

Hal ini disebabkan oleh tetesan air aki yang kebetulan letaknya dekat dengan posisi aki, dapat disebabkan karena ketumpahan air aki sewaktu pengisian ulang atau berasal dari saluran ventilasi aki. Untuk menghindari kondisi ini sebaiknya saat mengisi ulang air aki, dijaga supaya tidak tumpah. Dan alternatif lainnya adalah mengganti  aki dengan aki maintenance free atau aki kering.

2. Weerstand

Bila telah pernah masuk ke dalam mobil nissan grand livina ini pasti merasakan tiupan AC yang terlalu kencang tiupan blowernya. Tiupan kencang ini sudah menjadi karakter AC nissan ini, tujuannya adalah supaya penumpang belakang lebih cepat merasa dingin.bila merasa terganggu dengan tiupan ini maka pemilik grand livina bisa mengubah supaya tiupan anginnya tidak terlalu kencang. Caranya adalah dengan mengganti weerstand atau resistor dengan kepunyaan nissan livina XR. Karena pada livina XR tiupan Acnya tidak terlalu kencang, disesuaikan dengan kabinnya. Untuk pemasangan plug and play tanpa merubah apapun.

3. Mesin

Dengan kompresi 10,5 : 1, merupakan kompresi yang lumayan tinggi. Biasanya untuk kompresi setinggi ini dianjurkan untuk memakai bensin yang nilai oktannya tinggi juga. Tetapi untuk pemilik yang menggunakan bensin subsidi biasanya akan merasakan mesin ‘ngelitik’. Hal ini dapat dimaklumi karena bensin tersebut memang tidak sesuai peruntukannya. Tetapi untuk mengatasi hal tersebut berbagai cara bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memundurkan timing pengapian. Memundurkan timing pengapian ini bisa dilakukan di bengkel resmi nissan dengan alat enggine scanner. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan memodifikasi ringan mesin, yaitu dengan memperbaiki pembakaran dan porting dan polish.

4. Bohlam utama

Untuk lampu utama aturan mainnya telah jelas, bahwa tidak dianjurkan untuk mengganti bohlam dengan watt yang terlalu besar dengan standarnya. Bila tetap mengganti dengan watt lebih besar ada kemungkinan resiko lampu menjadi buram , bahkan reflektornya meleleh

5. Ganti washer

Pada gran livina ini semburan air pada washer tidak terlalu menyebar. Sehingga terkadang bila saat kaca kotor semprotan air tidak merata pada kaca depan, hal ini tentu dapat menggangu kinerja wiper. Bila ingin semprotan washer yang menyebar, maka bisa mengganti  nosel washer dengan kepunyaan kijang innova atau toyota avanza. Cara pasangnya adalah congkel nosel standar dari dalam. Kemudian pasang nosel yang baru, untuk yang baru tidak bersifat plug and play. Tetapi haru dikikis sedikit supaya muat di lubang asli.

Be Sociable, Share!

20 thoughts on “Tips dan trik nissan grand livina 1.5

  1. sangat membantu bagi pengguna mobil pribadi

  2. selamat siang, saya mau tanya kenapa
    lampu utama grand levina saya tidak terang ya. aki baru

    • maaf kurang terangnya gimana ya gan? bohlamnya standar? memang banyak yang bilang bohlam standar grand livina memang kurang terang,tapi sebenarnya cukup terang koq gan..kalo agan masih kurang bisa naikin spesifikasi watt bohlamnya..tapi jangan terlalu beda jauh speknya. kalo tetap kurang terang coba cek relay lampu dan kaca lampu depan…mungkin udah buram or kotor cmiiw

  3. mobil grand livina 1.5 saya ada kasus di radiator. masalah yang timbul air mudah habis sudah saya bawa ke bengkel resmi nissan di jember. ternyata masih aja bermasalah terus indikasi bocor di slang ,dan lain2 /kipas mati tidak ada kata bengkel itu kalau air habis lagi suruh ganti radiator. setelah dicek di bengkel itu tiga hari kemudian saya bawa perjalanan jauh dari banyuwangi ke jakarta radiator aman. sampai di jakarta dipakai di sana kira2 seminggu kemudian air radiator itu mulai bermasalah lagi dan selalu ngisi tiga hari sekali. padahal indikasi tidak ada tanda2 bocor ini selama kurang lebih empat bulan. dan selanjutnya LUPA NGAK KONTROL akhirnya indikator nyala dan ternya ta air tadiator habis macet deeeeh di jalan tool. yang di sesalkan kok tiga hari sekali harus ngisi air. padahal habis di cek di bengkel resmi nisan jember………..?

    • berarti sistem pendinginannya bermasalah gan..cek selang2 lagi terus cek sirkulasi air radiator ke mesin saya curiganya ada kebocoran air yang ke mesin…cek juga termostatnya mungkin mampet. CMIIW

  4. Kalau saya bermasalah dngan tmperaturnya juga, kmaren saya cek airnya sudah habis tapi kejadian ini bu sekali selama saya pake ni mobil mngkin sekitar 1 tahun, setalah saya tambah airnya tanda indikator panasnya hilang tapi cuma beberapa menit saja setelah di pakai jalan akan mulcul lagi indikatornya padahal saya cek airnya tdk berkurang dan pas sya buka radiatornya tidak mengeluarkan uap panas juga gimana itu yah bro penanganannya?

    • coba kuras dulu air radiatornya gan biasanya pake radiator flush..dan cek airnya bersirkulasi dengan baik ngga? ada kemungkinan airnya ngga sirkulasi dengan baik didalam mesin, bisa jadi termostatnya yang ga berfungsi or waterpumpnya yg ga jalan.

  5. Kalau ane saranain enete bawa ke spesialis nissan aja gan, ke bengkel yasmin dikemayoran MGK lantai 5 aja. Pasti bisa gan mslah nissan

  6. Kenapa GL xv 1.5m/t saya klo buat nanjak loyo gak ada tenaga. Klo digas dalam malah mesin jadi tambah berat. Padahal udah pake gigi rendah. Tarikan pelan

    • waah agak susah gan untuk ngecek kenapa tenaganya loyo..salah satu caranya coba agan servis ringan dulu,trus bersih2 saluran bensin,tangki bensin dan injector dll, bersihkan ruang bahan bakar ganti busi dll. mudah2an ada perubahan

  7. mobil livinaku mogok ngk bisa di gas dan indikator nyala PS apanya ya mohon dibantu trmksh

  8. Gan mau nanya nih, mobil saya livina 1.5, tiba2 hembusan ac jadi lemah kenapa ya??
    Terima kasih sebelumnya ya…

  9. Gan mau tanya ac granlivina 1800 cc saya tiba2 tidak dingin blower jalan . Saklar temperatur tidak jalan . Compresor tdk berputar. Periksa magnet compresor ac bagus… kenapa yach. Tks sebelumnya

  10. saya punya grand livina 1.5xv matic tahun 2011, odometer sekarang ini hanya 48xx, memang mobil ini jarang dipakai, baru baru ini ada terdengar suara “duk” dibawah kemudi pada waktu kita hendak membelok ke kiri. Suara “duk” ini tidak selalu terdengar . saya sudah bolak balik lihat dan cek ke bawah kemudi dalam kabin rasanya tidak ada yang lepas. Sebagai catatan suara “duk” itu ga terlalu besar suaranya hanya kecil saja dan kalau ga perhatiin mungkin ga akan terdengar. Mungkin ada pengalaman hal ini. terima kasih sebelumnya

    • agan sudah ke bengkel resmi belum gan? kalo udah coba cek joint steernya..oh iya agan dulu udah pernah ganti joint steer belum? kalo belum siapa tau diganti gratis sama nissan..?CMIIW

      • kalo servis 1500 dan 10000 (walau km belum capai) sudah dilakukan, cuman heran kondisi mobil boleh dikatakanjarang pakai, odo hanya 48xx , koq bisa seperti ini, ok tks atas sarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>