Arti indikator pada dasbor mobil

indikator/simbol pada dasbor mobil

indikator/gambar pada dasbor mobil

Mungkin pandangan pertama saat kita menghidupkan mobil adalah pada area dasbor, pada mobil pada saat pertama menstarter akan muncul bermacam simbol atau gambar pada area dasbor akan menyala. Simbol tersebut merupakan indikator bila terjadi suatu malfungsi atau problem, biasanya simbol tersebut berwarna merah, kuning dan hijau. Merah biasanya indikator yang berhubungan dengan safety, kuning merupakan indikasi adanya gangguan pada salah satu fungsi kendaraan dan hijau merupakan tanda bahwa salah satu fungsi atau fitur mobil sedang difungsikan. Normalnya pada saat starter semua simbol tersebut menyala dan akan mati sesaat setelah mobil dihidupkan, bila masih menyala segera cek segala sesuatu yang berhubungan dengan simbol tersebut. Dibawah ini akan dibahas arti simbol pada area dasbor mobil.

  1. Gambar tetesan oli berwarna merah, ini berhubungan dengan oli mesin. Bila menyala segera cek oli mesin, karena indikator ini mendakan bahwa oli mobil berada dibawah ambang batas dan hampir habis. Bila dibiarkan dapat menyebabkan mobil mogok dan kerusakan yang parah karena kehabisan oli.
  2. Gambar tanda seru dalam lingkaran, merupakan simbol dari rem tangan. Bila menyala berarti rem tangan sedang difungsikan, dipastikan pada saat mobil berjalan gambar ini tidak menyala.
  3. Gambar plus dan minus di dalan kotak, hal ini berhubungan dengan aki atau kondisi aki mobil. Bila tanda ini menyala dan disertai dengan susahnya menstarter mobil, maka patut dicurigai kondisi aki mobil telah soak atau cek sistem kelistrikan pada mobil.
  4. Gambar mobil dengan pintu terbuka berwarna merah, ini berhubungan dengan pintu mobil. Bila menyala segera cek pintu-pintu mobil yang belum tertutup rapat.
  5. Gambar kepala hydran, ini berhungan dnegan kondisi mesin. Biasanya menyala berwarna kuning. Jika menyala segera lakukan pengecekan seputar fungsi mesin secara umum, ada indikasi problem pada seputar mesin.
  6. Gambar lingkaran dengan tulisan ABS didalamnya, ini berhubungan dengan fungsi ABS (Antilock Braking System). Bila menyala segera cek segala fungsi yang berhubungan dengan ABS ini.
  7. Gambar sabuk dan kotak kecil, ini berhubungan dengan pemakaian seat belt pada pengemudi. Biasanya menyala berwarna merah bila sabuk pengaman belum dipakai oleh pengemudi.

Diluar ini sebenarnya banyak simbol-simbol,gambar-gambar pada dasbor mobil yang belum dijelaskan pada tulisan ini. Karena dengan kemajuan teknologi maka akan semakin banyak fitur-fitur yang ada pada mobil, dan akan semakin banyak juga indikator yang mencerminkan fitur-fitur tersebut.

Be Sociable, Share!

4 thoughts on “Arti indikator pada dasbor mobil

  1. mobil lampu aki pada dasboard kadang dihidupkan menyala dan kadang tidak menyala,…

  2. panel untuk indikasi radiator (Taruna) ane ga bekerja gan, gmn solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>