Macam dan jenis Bohlam lampu depan pada mobil

macam dan tipe bohlam

macam dan tipe bohlam

Lampu depan mempunyai  fungsi utama pada penerangan  pada malam hari, dan pada lampu utama terdapat bohlam. Pabrikan mobil pada dasarnya telah membuat standar atau panduan dalam pemakaian bohlam, biasanya bisa dilihat dari besarnya watt pada bohlam tersebut. Bila pemilik mobil mengganti bohlam diluar standar mobil maka resiko umur bohlam berkurang akan semakin besar. Dan pada mobil juga terdapat bermacam-macam jenis bohlam dapat dilihat dari kodenya masing-masing. Dibawah ini akan dibahas macam dan jenis bohlam pada mobil.

Bohlam lampu utama dengan kode H4, kode ini merupakan jenis bohlam yang paling umum dipakai pada mobil terutama pada mobil produksi jepang. Bahkan juga ada motor yang memakai bohlam kode ini, salah satunya yamaha vixion.  Pada bohlam tersebut biasanya terdapat kode yang menunjukkan spesifikasi bohlam, contohnya adalah 12V 60/55 . 12 V maksudnya adalah tegangan yang dimiliki bohlam tersebut adalah 12 Volt, 60/55 mempunyai arti bohlam ini mempunyai pencahayaan 60 watt pada lampu jauh dan 55 watt pada lampu dekat. Jadi pada satu bohlam terdapat dua jenis pencahayaan. H4 juga mempunyai dua macam jenis yaitu dengan kode P45t dan P43t, untuk yang P45t biasanya digunakan pada mobil-mobil lama perbedaannya adalah pada bentuk bawah bohlam atau dudukkannya masih berbentuk bundar. Kemudian untuk tipe P43t merupakan pengembangan dari P45t dimana sudah terdapat 3 kaki pada dudukkannya.

Sesuai perkembangan zaman, maka muncul bohlam dengan kode HB yang dipakai oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Perbedaannya adalah pada desain soket yang dibuat model tertutup yaitu ditutup dengan pelindung karet. Untuk kodenya HB sendiri mempunyai beberapa tipe antara lain HB3,HB3a,HB4 dan HB4a. sebagai contoh mitsubishi pajero sport memakai kode H11 dan HB3. Biasanya juga pada mobil eropa lampu utamanya memakai dua jenis bohlam, karena 1 bohlam hanya untuk satu pencahayaan saja. Misal H1 untuk lampu jauh dan H7 untuk lampu dekat.

Berikut ini adalah keterangan tipe dan macam bohlam pada pabrikan mobil jepang secara umum, untuk toyota biasanya memakai bohlam tipe H4 dan HB3, honda memakai bohlam H4, suzuki biasanya memakai bohlam H4, nissan memakai bohlam tipe H4 dan HB3 kemudian mitsubishi memakai bohlam dengan kode H4,H11,HB3.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>