Nama komponen pada sistem pembuangan(exhaust sistem) pada mobil dan problem yang biasa muncul

sistem pembuangan pada mobil, exhaust sistem

sistem pembuangan pada mobil (sumber:clearmechanic.com)

1.Exhaust manifold atau header

Merupakan komponen pertama yang menempel pada mesin, yang berfungsi untuk membuang gas sisa dari kepala silinder ke knalpot. Untuk material biasanya dibuat dari besi cor dan cast iron. Masalah yang sering terjadi adalah retak karena secara tiba-tiba tersiram air, yang dikarenakan dek pelindung yang dibawah rusak dan bolong.

2.Catalytic Converter

Biasa disebut dengan katalik konverter, komponen ini merupakan komponen wajib mobil keluaran saat ini. Dimana fungsinya adalah untuk menyaring gas buang supaya lebih ramah lingkungan. Gas yang disaring biasanya adalah Carbon Monoksida, hidrokarbon dan nitrogen oksida. Bentuknya seperti sarang lebah, berlubang-lubang. Problem yang sering terjadi adalah pecah dan karena usia. Bila pecah mungkin disebabkan benturan benda keras di jalan, bila pecah akan timbul suara aneh seperti klontang..klontang di bawah mobil. Bila karena usia  biasanya karena tersumbat sehingga mesin susah menyala. Bisa juga tersumbat karena memakai bensin bertimbal.

3. Resonator

Komponen ini berfungsi untuk meredam suara dan membuat back pressure kemudian penempatannya dibawah/setelah catalytic converter.probelm yang sering timbul adalah keropos dan penyok sampai dengan bocor.

4. Muffler

Yaitu berbentuk tabung yang penempatannya terakhir pada exhaust sistem fungsinya sama dengan resonator. Problemnya juga sama yaitu keropos dan penyok. Pada muffler juga biasanya terdapat sekat-sekat yang juga bertujuan untuk membuat back pressure dan meredam suara.

5. Muffler tip

Komponen ini merupakan  saluran yang keluar dari muffler, dan sifatnya hanya pipa pembuangan sisa gas. Komponen ini biasanya sering diganti untuk menambah penampilan. Karena komponen ini langsung terlihat  dan dianggap dapat langsung mendongkrak penampilan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>