Part pengganti pada honda supra X 125 dan karisma 125

honda supra x 125

Supra X 125

Honda supra X 125 dan karisma 125 merupakan saudara kandung karena adanya kesamaan pada mesin dan rangka, yang berbeda hanya pada bentuk fisik. Oleh karena itu banyak kesamaan part pada kedua motor ini. Namun untuk urusan spare part ternyata setiap motor ada kesamaan dengan part motor lain, baik dengan sesama merek maupun yang berbeda merek. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas tentang alternatif part pada motor honda supra x 125 dan honda karisma 125.

Untuk kampas rem depan baik supra X 125 maupun karisma dapat memakai kampas rem pada motor lain yang mempunyai kaliper piston rem yang sama  yaitu double piston. Atau kedua motor ini bisa saling tukar, karena jelas adanya kesamaan spare part.

Kemudian untuk rantai keteng bisa memakai kepunyaan shogun 125. Dan langsung bisa diaplikasikan karena sifatnya yang plug and play. Dan tentunya untuk ketahanan dipercaya ketahanan keteng shogun 125 lebih tinggi dibanding dengan standar  dari supra 125 x dan karisma 125.

Sedangkan kampas kopling dapat diganti dengan yamaha jupiter MX. Sama-sama tinggal plek, tetapi untuk masalah harga ternyata harga kampas kopling jupiter mx lebih mahal. Akan tetapi kampas kopling ini diyakini lebih awet dan responsif, karena kampas kopling jupiter mx terlihat lebih tebal dan tahan panas sehingga diyakini performa akan meningkat

Pada bagian piston dapat menggunakan motor dengan merek lain yaitu kawasaki ZX 130.  ukuran pistonnya beda tipis yaitu 52,4 mm untuk honda supra 125 dan 53 untuk kawasaki ZX 130. Perbedaan lain dari piston ini adalah bentuknya yang lumayan menonjol sehingga kompresi mesin ikut meningkat dan otomatis tenaga motor ikut naik, dan pemsangannya tinggal plek karena ukuran pen pistonnya sama yaitu 13 mm. untuk rantai dapat diganti dengan rantai kepunyaan supra fit meskipun beda kode rantainya, supra X 125 tipe 420 sedangkan supra fit 428. Keunggulan bila menggunakan rantai supra fit akan lebih awet dan tahan, karena lebih tebal.

Be Sociable, Share!

6 thoughts on “Part pengganti pada honda supra X 125 dan karisma 125

  1. ga percaya kampas kopling jupiter mx lebih bagus dari supra x 125, tiap 6 bulan jupe mx ane ganti kampas kopling…GOSONG…

    • mungkin penjelasannya gini gan..untuk jupiter mx memang boros kampas kopling karena tenaga jupiter mx juga gede. tapi kalo dipasang ke honda supra x 125 yang notabene tenaganya lebih kecil memang akan lebih bagus dan awet.

      • kampas kopling jupiter MX yang tipe lama atau yang tipe jaman sekarang gan?

          • o iya gan itu kampas kopling MXnya yang otomatis atau yang manual? kan ada dua, yang satu buat dudukan/beltnya trus yg kampas per gigi.
            piston kawasakinya 1 set atau pen/kepalanya aja?
            rantai keteng shogun lama/baru? atau sama aja?

            yakin cocok semua nih gan? maaf banyak nanya soalnya ane mau ganti

          • kayaknya sama aja gan.. yang bedain antara MX otomatis dan manual itu di sistem perpindahan transmisinya aja gan, tapi untuk jelasnya monggo ditanya di toko spare partsnya ya gan.untuk piston ini agan mau ganti pistonnya aja apa sekalian bloknya..coz ukuran piston kawasaki zx beda 0,5 mm dengan piston supra x125. jadi tetep harus ada penyesuaian sedikit. untuk pennya sama gan.. untuk rantai keteng pake shogun 125.. CMIW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>