deteksi bunyi aneh di dalam avanza dan xenia

toyota avanza

toyota avanza

Beberapa pengguna mobil avanza dan xenia mungkin pernah mengalami hal tsb. Gejalanya adalah bila melintasi jalan jelek dan berlubang maka akan timbul bunyi seperti dua material keras yang bergetar. Setelah dirunut-runut dan diselidiki sumber bunyi tersebut, ternyata berasal dari dinding kabin pada pilar B yaitu pilar antara pintu depan dan pintu tengah yang menjadi tempat persembuyian sabuk seatbelt.  Komponennya berupa plastik yang menutup pilar tersebut, menimbulkan bunyi dan getar dikarenakan sudah tidak terpasang dengan sempurna pada pilar sehingga ada celah dan oblak.

Cara untuk memastikannya adalah dengan memegang plastik tersebut pada saat melintasi jalan yang jelek. Bila tidak berbunyi lagi maka dapat dipastikan penutup plastik tersebut yang bermasalah. Sebab kenapa penutup plastik tersebut bunyi adalahdikarenakan faktor usia dan perawatan, karena pegangan ke frame mobil dapat lepas sehingga menimbulkan bunyi ini.

Cara mengatasinya gampang-gampang susah, yaitu dengan cara membuat bantalan atau penutup ruang pada celah tersebut sehingga penutup plastik tersebut tidak bersentuhan dengan frame bodi mobil. Bantalah tersebut dapat menggunakan double tape yang mempunyai busa/karet ditengah-tengahnya. Cara menggantinya gampang-gampang susah, cara pertama adalah tentu mengeluarkan penutup plastik tersebut dengan cara menarik ke samping penutup tsb. Setelah keluar segera ukur panjang penutup tersebut dan tempel double tape di belakang tutup plastik sesuai dengan panjangnya. Setelah selesai segera masukkan kembali penutup plastik tersebut ke tempat semula, dan lihat apakah double tape tadi sudah mengisi celah kosong antara frame dan penutup plastik. Bila sudah rapat maka dapat dipastikan bunyi tersebut dapat berkurang bahkan hilang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>