Jenis aki atau baterai pada motor maupun mobil

aki atau accu pada mobil dan motor

aki atau accu pada mobil dan motor

Aki atau baterai pada mobil maupun motor mempunyai peran yang sangat vital, khususnya yang berkaitan dengan kelistrikan. Karena aki mempunyai fungsi untuk menyimpan listrik dan menyuplai listrik keseluruh piranti kelistrikan di semua mobil, sepanjang alternator belum bekerja dengan maksimal. Bisa dibayangkan pentingnya fungsi aki ini, tanpa aki akan susah untuk untuk menghidupkan mobil. Pada dasarnya aki mempunyai dua tipe yaitu, aki tipe basah dan aki tipe kering.

Aki basah merupakan sebuah kotak berisi cairan yang didalamnya terdapat elemen-elemen berbahan lead dan elektrolit dari air sebagai penyimpan arus listrik. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak dan umum dipakai, tetapi untuk perawatan lumayan perlu perhatian khusus. Yaitu menjaga ketinggian air akinya karena penguapannya cukup tinggi dan tingkat keasamannya harus dijaga, tetapi keunggulannya adalah tipe aki ini tergolong ekonomis baik dalam pembuatannya maupun harganya.

Tipe lainnya adalah tipe aki kering atau maintenance free,  ada juga yang menggunakan jel. Jel tersebut  masih menggunakan lead acid hanya  dan airnya disimpan dalam bentuk jel, yaitu berupa elektrolit dan silika. Dan tipe terakhir adalah tipe AGM (Absorbed Glass Mat) yaitu cairan yang disimpan pada bantalan serat kaca, dan bantalan tersebut menjadi elektrolitnya.

Untuk perawatan persamaan ketiga tipe tersebut adalah pada pengisian, sebaiknya untuk pengisian tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Karena bila berlebihan dapat menyebabkan overcharge, meskipun pada aki yang MF. Karena jel pada aki MF akan cepat kering dan tidak bisa berfungsi sebagai penyimpan listrik kalau terjadi overcharging. Biasanya overcharging ini terjadi dikarenakan adanya modifikasi pada alternator dan regulator.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>