Komponen kelistrikan pada mobil (part 2:habis)

fuse box

fuse box dan sekring

3. Socket

Arus listrik yang mengalir ke semua perangkat elektronik pasti membutuhkan perantara kabel. Nah perantara itu disebut dengan socket, biasanya terbuat dari plastik keras yang didalamnya ada tembaga untuk menghubungkan antar kabel. Bila sambungan antar kabel tidak kuat maka dapat berakibat socket ini meleleh dan tentu sangat berbahaya. Untuk perawatan sebaiknya arus listrik yang lewat tidak sampai melewati kapastitas dari standar mobil itu sendiri. Karena bila terlalu besar akan terjadi hal yang diatas yaitu meleleh dan kornsleting.

4. Kabel

Kabel merupakan komponen penghubung kelistrikan, tanpa ini maka arus listrik tidak akan sampai ke masing-masing komponen yang membutuhkan. Bila telah rusak karena umur maupun hal lain maka segera melakukan urut kabel, yaitu dicari sumber masalahnya. Bila dirasa perlu maka bisa dibuatkan jalur listrik  yang baru dan bisa semua kabel diganti dengan kabel set yang baru semuanya diganti. Karena kondisi kabel yang jelek dapat menimbulkan resistansi yang tinggi sehingg dapat merusak komponen kelistrikan.

5. Fuse Box

Merupkan kotak tempat berkumpulnya sekring yang merupakan perantara dan pelindung arus listrik agar tidak merusak komponen yang lain. Pada kotak ini biasanya terdapat belasan skering, oleh karena itu fuse box ini menjadi tempat pertama yang dilihat bila kelistrikan mobil terganggu. Untuk perawatan sebaiknya jangan mengganti tipe sekring yang tidak sesuai dengan standarnya misal sekring standar 15 watt diganti dengan 25 watt. Selain itu cermati tidak ada bagian yang meleleh, bila ada segera cek kelistrikan yang berhubungan dengan komponen tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>