Komponen-komponen pada sistem pendinginan mobil (part 2)

thermostat

thermostat pada sistem pendinginan mobil

Thermostat, merupakan ‘gerbang’ yang menjaga air yang masuk kedalam radiator. Fungsinya adalah lebih kepada efisiensi mesin dan untuk menghindari overcooling karena ‘gerbang’ akan terbuka bila suhu air pada mesin telah mencapai 85-90 derajat celcius.cara bekerjanya thermostat adalah dengan mengandalkan sensor tekanan pegas dengan pemicunya adalah tekanan air pada suhu tertentu (semakin panas maka tekanan air akan semakin besar). Yang terjadi adalah pemilik sering melepas thermostat dengan alasan untuk mengurangi overheat. Faktanya adalah bila thermostat dilepas maka air yang belum sempat dingin oleh radiator sudah masuk kedalam mesin dan air yang masih dingin sudah terlanjur masuk kedalam radiator. Bila mobil ngebut pun berarti air akan sangat cepat bersirkulasi dikarenakan kecepatan waterpump sehingga air belum sempat didinginkan di radiator sudah masuk kedalam mesin sehingga dapat beresiko mesin overheat.

Kipas pendingin, kipas pendingin ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada radiator bahkan bila hembusan angin dari depan berkurang, kipas pendingin ini biasanya terletak di belakang radiator. Kipas pendingin dibedakan lagi menjadi dua tipe yaitu viscous fan dan electric fan. Perbedaannya adalah pada viscous fan digerakkan menggunakan puli kruk as mesin melalui belt atau sabuk. Kemudian terdapat juga sensor bi-metal yang berfungsi supaya bila semakin tinggi suhu mesin maka akan semakin kencang putaran kipas. Sedangkan pada electric fan, sumber tenaganya dari motor listrik dengan sensor suhu yang akan bekerja bila mesin mencapai suhu tertentu. Letak sensor tersebut biasanya pada belakang radiator. Yang sering terjadi pada kipas ini adalah putaran kipas menjadi lemah bahkan mati, sebab yang paling mudah adalah untuk viscous fan dikarenakan sensor bi-metalnya rusak dan untuk elektric fan disebabkan kumparan motor listrik rusak atau sensor suhu mati.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>