Komponen-komponen pada sistem pendinginan mobil (part 3:habis)

radiator coolant

radiator coolant

Radiator coolant, ini merupakan cairan yang khusus untuk sistem pendinginan mesin. Meskipun masih diperbolehkan untuk menggunakan air pada sistem pendinginan mesin, tetapi akan lebih baik dengan menggunakan radiator coolant ini. Mengapa radiator coolant berbeda dengan air biasa? Dikarenakan cairan ini dicampur dengan menggunakan bahan kimia tertentu sehingga mampu menahan titik didih air sehingga suhu pada mesin bisa diredam. Fungsi lain dari radiator coolant ini adalah dapat mengurangi korosi pada radiator dan dapat membersihkan kotoran dan endapapan lumpur di jalur pendinginan.

Slang radiator, merupakan penghubung antar komponen pendingin dan menjadi jalur air antara mesin dan radiator. Slang radiator ini menggunakan material karet dengan anyaman nylon supaya lebih kuat karena harus bisa menahan air dengan suhu mencapai 100 derajat celcius. Slang ini jarang sekali rusak, slang ini bisa bocor dikarenakan faktor umur sehingga menjadi getas dan mengeras. Dan akhirnya pecah.

Reservoir tank, atau tangki cadangan yang berfungsi untuk mensuplai air radiator bila terjadi kekurangan atau kelebihan. Tangki ini juga dapat menjadi indikator bila terjadi sesuatu pada sistem pendinginan, bila cepat habis dapat dicurigai bahwa ada air radiator yang bocor.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>