Komponen-komponen yang terdapat pada sistem Air conditioner mobil (part 3)

sistem kerja AC mobil

sistem kerja AC mobil

7. Extra fan

ang dimaksud adalah kipas listrik yang terdapat didepan kondensor AC yang bertugas untuk membantu proses pendinginan pada kondensor. Extra fan ini juga menggunakan  listrik sebagi sumber energinya. Kipas ini sangat terasa pada saat mobil pada keadaan macet ataupun diam.

8. Thermostat

Ini berbeda dengan yang ada pada sistem pendinginan mesin mobil, meskipun fungsinya sama.  Komponen ini bertugas untuk mengatur suhu pada kabin mobil bila suhu sudah mencapai target maka thermostat akan mengirimkan perintah kepada magnetic switch di kompresor untuk sementara berhenti bekerja sampai suhu kabin kembali naik. bila rusak mau tak mau themostat ini harus diganti dengan yang baru.

9. Pipa dan slang

Dengan berbagai komponen pada sistem AC maka dibutuhkan penghubung antar komponen, penghubung ini berupa pipa dan slang. Untuk pipa ini biasanya terbuat dari aluminium dan untuk slang terbuat dari karet yang tahan tekanan tinggi. Biasanya kebocoran juga terdapat pada sambungan pipa ataupun slang itu sendir kadang kurang kuat pengencangannya ataupun keluar gas greon pada pipa atau slang karet itu sendiri. Untuk perawatan sebaiknya bila terindikasi bocor maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>