Komponen subtitusi skutik suzuki

suzuki spin

suzuki spin

Skutik suzuki mungkin belum bisa menyaingi skutik pabrikan lain dalam hal penjualan. Tetapi skutik suzuki ini mempunyai penggemar sendiri, dimana pelopor skutik dengan kapasitas 125 cc ini adalah suzuki dengan skywavenya. Skutik suzuki ini biasanya mempunyai ciri mesin dengan tenaga besar dan nyaman. Pemilik skutik suzuki ini kadang mengalami hal yang biasa terjadi yaitu komponen yang habis masa pakainya atau komponen yang rusak, maka dari itu akan dibahas komponen subtitusi pada skutik suzuki yaitu suzuki spin, skywave dan skydrive. Komponen yang bisa disubtitusi atau diganti adalah kampas kopling, kampas rem, kabel rem,filter oli,bohlam,per CVT.

Kampas kopling yang bisa disubtitusikan hanya milik suzuki skydrive, dan yang cocok dan langsung bisa dipakai adalah kampas kopling milik honda vario. Sedangkan untuk spin dan skywave ternyata bentuknya berbeda sehingga tidak bisa saling pakai.

Kampas rem depan ternyata dibedakan dari kaliper piston motor itu sendiri ada yang jumlah kaliper pistonnya satu dan jumlah kaliper pistonnya dua/double. Untuk suzuki spin dan suzuki skydrive jumlah pistonya satu sedangkan untuk skywave menggunakan double piston. Untuk yang satu piston bisa mengganti kampas rem depannya dengan kampas rem belakang suzuki satria F, kenapa rem belakang? Karena rem belakang satria menganut satu piston dan cocok untuk disubtitusikan ke suzuki spin dan skydrive. Sedangkan untuk suzuki skywave bisa ditukar dengan kampas rem depan kepunyaan honda supra, yang sama-sama menggunakan double piston. Bagaimana dengan kampas rem belakang? Rem belakang ketiga skutik tersebut masih menggunakan rem teromol maka dari itu yang cocok disubtitusikan dengan skutik tersebut adalah kampas rem belakang kepunyaan suzuki thunder 125,suzuki TS dan suzuki RGR 150.

Untuk kabel rem hanya milik suzuki spin yang bisa disubtitusikan, dan yang paling cocok adalah kepunyaan yamaha mio. Kenapa cocok karena kabel rem keduanya panjangnya sama, sedangkan untuk suzuki skydrive dan skywave belum ada yang bisa disubtitusikan. Karena belum ada yang mempunyai panjang yang sama, dan kabel rem keduanya lebih panjang dari kepunyaan spin.

Filter oli ketiga skutik suzuki ini ternyata mempunyai komponen filter oli yang sama dan tentunya bisa saling tukar. Bahkan untuk filter oli motor suzuki yang non skutik seperti shogun, smash dan satria FU dapat dipakai di ketiga skutik ini.

Bohlam, dalam hal ini bohlam pada lampu depan atau utama. bila bohlam lampu depan putus atau mati, komponen tersebut bisa diganti dengan bohlam depan motor bebek yang merupakan sama-sama produksi dari suzuki.

Dan yang terakhir adalah per CVT, untuk per CVT pada ketiga skutik ini bisa disubtitusikan dengan kepunyaan honda vario. Disamping itu karena per CVT honda vario lebih keras dan panjang efeknya adalah akselerasi putaran bawah akan lebih cepat. Alias lebih responsif.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>