Lokasi nomor mesin dan rangka mobil Toyota

mesin toyota

mesin toyota

Semua pemilik mobil yang usia mobilnya 5 tahun pasti mengalami ‘ritual’ perpanjangan STNK. Untuk pajak memang satu tahun sekali tetapi untuk STNK 5 tahun sekali, nah pada perpanjangan STNK ini biasanya harus dilampirkan kertas gesekan nomor mesin dan rangka. Biasanya digesek melalui perantara semacam isolasi kertas yang digesek oleh pensil diatas nomor rangka dan mesin. Nah lagi permasalahannya kadang pemilik mobil tidak tahu posisi nomor tersebut. Untuk itu mungkin info dibawah ini bisa memberikan sedikit petunjuk lokasi nomor mesin dan rangka, untuk sementara pada mobil keluaran toyota.

Pertama-tama masuk kedalam mobil dan duduk, sebaiknya duduk di bangku depan baik sebagai pengemudi ataupun penumpang. Setelah duduk akan diasumsikan sisi kiri dan sisi kanan sesuai dengan posisi duduk tersebut. Kita akan mulai dari mobil yang cukup populer di tanah air, yaitu toyota avanza. Ternyata posisi nomor mesin dan rangka avanza sama dengan toyota rush. Untuk nomor rangka avanza dan rush terletak pada sisi kiri mesin dan tercetak pada frame yaitu pada bagian atas fender kiri didekat tabung refrigerant. Sedangkan untuk nomor mesin berada di sebelah kanan mesin pada bagian bawah di dekat alternator.

Untuk toyota fortuner dan kijang innova ternyata posisi nomornya sama, untuk nomor rangka  terletak pada sisi kiri dan tercetak pada frame (rangka) mobil. Sedangkan untuk nomor mesin terdapat perbedaan untuk mesin bensin dan diesel, untuk mesin bensin nomor mesin terdapat pada sisi kiri bawah mesin. Dan untuk mesin diesel terletak pada sisi kiri atas mesin.

Tipe toyota yaris, vios, camry, altis dan alphard hanya letak nomor rangka yang sama yaitu dibawah jok pengemudi dan harus dibuka karpet dahulu untuk bisa melihatnya. Tetapi untuk nomor mesin pada mobil toyota vios dan yaris terletak pada bagian bawah intake manifold, untuk corolla altis terletak di belakang mesin dekat firewall dan sambungan transmisi. Untuk aplhard dan camry sama-sama terletak di dekat firewall dan sambungan transmisi tetapi dibalik catalytic converter.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>