71 responses

  1. edo
    April 21, 2013

    aq beli satria f baru 2013 dipake 3 bulan headlamp n speedometernya kalo kena getaran kok goyang ya? tolong minta info. untuk mengatasi getaran tersebut, rasanya risi kalo punya motor palagi motor kesayangan pada getar kepalanya.. trim’s.

    • rendy
      April 21, 2013

      ada kemungkinan mur atau bautnya kurang kenceng gan, termasuk rangka dudukan headlamp yang ada didalam batok kepala headlampnya gan.

  2. titin suprihatin
    April 24, 2013

    aku beli satri fu seken thn 2005, indend…
    masalahnya kenapa kalo hujan satria, mesinnya sering mati. dan susah untuk dihidupkan. dan knalpotnya sering mengeluarkan suara aneh. misalnya seperti suara batuk. mohon jawabannya.
    terima kasih

    • rendy
      April 25, 2013

      masalahnya persis satria saya dulu gan :). pas ujan mesinnya brebet sampe mati, solusinya gampang gan..itu mati karena businya basah or kemasukan air. coba agan liat di tempat busi itu ada dibawah ada lubang pembuangan air nah itu dibersihin dulu gan. trus di sambungan tutup busi dan kabel koil dikasih isolasi yang tahan air, yang warna item biasanya untuk kabel listrik. untuk suara batuk itu istilahnya nembak gan..solusinya udah ada di artikel yang ini. nuwun

  3. thebie brown’s
    July 6, 2013

    gw punya motor fu yang bunyinya lembab

    • thebie brown’s
      July 6, 2013

      gi mana ya cari nya supaya motar fu saya bisa bnyinya kring.. bawa ke bengkel resmi ngak ada prubahan, bunyi mesin terasa kasar, jalan 20km bnyinya kek motor udah puluhan tahun mesin panas.. kapok juga ne punya fu

      • rendy
        July 7, 2013

        bunyi kring itu kayak gimana ya gan..hehehe, setau saya FU itu termasuk motor yang enak. kalo mesin kasar biasanya dari rantai keteng, kayaknya udah penyakit FU rantai ketengnya gampang kendor, solusinya ada pada tensionernya, dulu pernah ganti punya smash. coba agan pake oli motul yang 3100 dan ganti olinya sekalian pas servis. mudah2an terasa beda..:)

  4. matlaulsujang
    September 29, 2013

    aku punya motor satria FU keluaran 2012,,gimana ya cara ya kta memperbaiki mesin klo suaranya berisikk..

    • rendy
      September 30, 2013

      kalo satria FU suara berisik biasanya timbul dari rantai keteng yang sudah kendur gan..masalahnya bukan rantai ketengnya tapi tensioner penonjok rantai keteng, solusinya ganti per penonjok tensionernya pake pernya suzuki smash or shogun, tapi tetap ada penyesuaian sedikit.

      • alvyn
        March 3, 2014

        mau nanya nih saya punya satria fu tahun 2012 kalo di tarikan pertama ko gak langsung nyentak yaah tapi nahan dulu setelah gas kumpul baru mau , kaya ngempos gitu , thankz

      • rendy
        March 3, 2014

        itu memang karakter karbu vakum gan, karena ada efek vakum tadi makanya kalo digas ngga langsung lari..kalo agan mau bisa diganti dengan karbu non vakum. biasanya jadi lebih spontan larinya..bisa pake punya NSR SP atau rx king

      • alvyn
        March 4, 2014

        kalo ituh emang bukan dari koil nya gan ??
        kalo karbu masih normal

      • rendy
        March 5, 2014

        setau saya bukan gan..emang karakter dari karbu vakum emang gitu, kita harus buka gasnya pelan2..tujuannya yah supaya bensinnya irit gan. kalo koilnya rusak ntar masalahnya ada di pengapian gan..larinya ke busi, biasanya jadi ndut2an dan bisa mogok. CMIIW

      • alvyn
        March 7, 2014

        naah ituh dia gan motor satria ane klo mesin nya udah panas endut-endutan ,.. apah ituh penyakit nya , soal nya sampai sekarang belum ketemu penyakit nya

      • rendy
        March 8, 2014

        bisa jadi tanda2 kekurangan bensin gan..atau overheat..

      • alvyn
        March 11, 2014

        maksud nya kekurangan bensin gan ??
        bensin nya gak mau turun gitu..

      • rendy
        March 17, 2014

        kurang banyak gan bensinnya..pengaturan banyak ngga bensin itu ada di karburator, nah komponen di karburator yang ngatur debit bensin itu namanya pilot jet dan main jet..silahkan diutak atik di bagian situ gan..CMIIW

  5. ilham bilhacki
    October 6, 2013

    saya punya satria fu mas brooo…thun 2005 klau dipke mesinnya panas kayak ada suara konslet bro dri kbel busi,,,,pdhal busi,coil,sama kepala businya udh aq ganti dgn yg bru,,, tpi suara itu gk ilang2 jga,,,maslahnya apa ya bro,,,,

    • rendy
      October 7, 2013

      waduh..koq sampe ada suara konslet bro..agan yakin itu suara sumbernya di sekitar busi? sebaiknya cek pengapian secara menyeluruh gan..dari aki,koil, CDI ampe busi..kalo bener konslet ada kemungkinan cuma soket yang kendor atau kabel yang terkelupas. CMIIW

  6. Randi
    November 20, 2013

    Gw punya fu karburatornya sering banjir ..
    Apa lgi pas isi BBM
    Apa masalahnya y brayy ?????

    • rendy
      November 21, 2013

      servis karbu+bersih saluran bensinnya gan..trus cek pelampungnya. mungkin ada yang nyumbat..:)

  7. abrar
    February 23, 2014

    Gw punya motor Fu keluaran 2013. Blom samapai setahun
    Knp sering mberebet” gitu. Kalau mesin panas..? Padahal busi,spuier,udh di ganti. Tp klw mesin dlm kondisi dingin mah jalan ny lancar, apa lagi klw pakai Pertamax.. Udh nyerah gw gan.. :)please info

    • rendy
      February 25, 2014

      coba cek settingan karburatornya gan..trus cek aliran bensinnya, mungkin kurang lancar.itu tandanya mesin kekurangan bensin..

  8. feri
    February 26, 2014

    Mau nnya bos. Klw mtr f mogok gaak jauh dri busi kan bos,ketika ujan.nah solusi nya supaya gakk kemasukan air lg gih mana bos , bentuk nya bagaimana buat nutupnya.thanks bos,

    • rendy
      February 26, 2014

      biasanya pake isolasi/lakban yang warna item+lentur yang biasa dipake untuk kabel. nah isolasi itu untuk menutup celah antara tutup busi dan koil. biasanya disitu air bisa masuk..trus dibawah tempat busi dimesin ada lubang pembuangan air, biasanya disitu juga bisa mampet.

  9. ricky pratama
    March 10, 2014

    Gan ane abis overhaul satria ane di beres tapi motor ane masih kasar suaranya..gmna nih solusinya

    • rendy
      March 17, 2014

      hmnn..ukuran kasarnya itu gimana ya gan? biasanya FU itu muncul suara kasar dari rantai ketengnya yang kendor, dan solusinya bukan ganti rantai keteng tapi ganti per tensioner penekan rantai keteng.CMIIW

  10. ricky pratama
    March 10, 2014

    Suaranya kasar banget..padahal ane udh ganti stang seher.seher ,keteng,tensioner, kok masih kasar ya trus suara knalpot nembak

    • rendy
      March 17, 2014

      kalo ganti semuanya ada kemungkinan inreyen gan..trus olinya kalo bisa jangan yang terlalu encer dulu, mending pake oli standar dulu. kalo nembak itu hubungannya dengan karburator..coba ganti pilot jet or main jet.

  11. Ambril
    March 17, 2014

    mw minta sulusi brow ,tempat servis suzuki sebaikx ganti karburator soalx biasa tiba2 mati mtorx…..ap mw di ganti atw ndk brow

    • rendy
      March 17, 2014

      maaf gan infonya bisa lebih detail ngga? misal matinya pas kapan..dll..CMIIW

  12. rasyiq
    March 18, 2014

    Gue mau nanya nii bro,,
    Motor gue klo mau ganti karburator PE 28 ganti manipol ngga,,?
    Soal’a motor gue ngempos bgd,trus knalpot’a nembak” terus,,
    Thanks

    • rendy
      March 20, 2014

      kayaknya harus ganti gan..kalo masih nembak2 berarti ada settingan yang belum pas.

  13. rainz
    March 21, 2014

    mau nanya gan.. satria fu ane tahun 2012, nah awalnya kan tiap hujan mesin selalu mati .. nah ane udah solasi kepala busi , udah ganti busi.. nah skrg makin aneh gan.. tiap jalan beberapa km itu selalu brebet gitu gan trus mogok distater nyala lagi . tapi di rpm rendah, kalo tinggi normal lagi . itu lagi ga hujan gan.. nah bisa dibantu gan ?

    • rainz
      March 21, 2014

      itu brebet trus mogok kalo lagi di rpm rendah gan di 2 ama 3 doang ..kalo uda 5 udah normal gan..tapi kalo ke rendah lagi bawaan nya mau mati aja gan..

      • rendy
        March 24, 2014

        mungkin setelan anginnya kurang pas gan..kalo ngga karet karburator vakumnya. coba dicek

  14. amir syarifudin
    March 22, 2014

    aku punya motor satria fu thn 2012,,kenapa lah suara mesinnya itu kasar banget kalau dingin bukan tik tik lagi suaranya tpi lbh kasar lgi,,mohon di jawab lah gan.

    • rendy
      March 24, 2014

      kasarnya gimana gan? kadang kalo kita make oli yang lebih encer memang suara jadi lebih kasar. trus biasanya juga suara kasar timbul karena ada komponen yang sudah ngga presisi..coba diservis besar di cek satu2

  15. arifkielbiezt
    April 2, 2014

    gan, ap pnyebab dari suara brisik di karburator bunyinya kya body motor yg bautnya gak kncang, trus bunyi di knalpotnya beda..

    • rendy
      April 4, 2014

      yakin gan itu bunyi dari karburator? coba cek baut2 dari karbu dan intake manifoldnya..

  16. azizi wijaya
    April 17, 2014

    Stelan angin karbunya payah dapat itu apa kendalanya gan. Kadang sekali dapat tetap meletup” juga abis tuh jarum di spidometer kalau kita hidupin mesinnya jarum itu gak bisa diam netral seperti biasanya.
    Kasih kritikkan gan mana tau bisa saya beresin sendiri

    • rendy
      April 21, 2014

      kalo standarnya 2,5-3 putaran gan, biasanya dicari putaran yang pas..maksudnya di putaran itu mesin jadi lebih stabil putarannya. kalo jarumnya ga bisa diam berarti ada kemungkinan arus listriknya kurang stabil gan..cek aki.

  17. angga
    April 21, 2014

    Mas bro sya mw tanya knpa ya satria f sya ska mbrebet klo lg jln plna trs mti udh mti szah d hdupm lgi

    • rendy
      April 28, 2014

      itu dalam kondisi setelah kena hujan+air ngga gan? kalo iya coba cek pengapian+businya dan tutup businya gan..

  18. angga
    April 21, 2014

    Mas bro sya pnya satria f knpa ya klo d bwa plan ko ada suara beretbet ya pdhl udh d servis

  19. hary
    May 3, 2014

    Mlm gan, klo sensor kilometer satria fu bs direpair gk ya, klo udh error..

    • rendy
      May 14, 2014

      wah saya kurang pahan kalo direpair gan..coba dibersihin dulu, siapa tau cuma kotor.

  20. kaleb
    June 3, 2014

    Gan,kalo satria bagus yg 2008 Thailand apa yg skrg ya ? Mohon info gan :(

    • rendy
      June 11, 2014

      kalo katanya sih..lebih yg thailand gan..coz CBU lsng dr thailand. tapi sbenernya sama aja agan..:)

  21. hendry
    June 6, 2014

    Gan mau nanya dunk,satria ane klo mati bunyi kasar’blak’kaya bunyi besi beradu gt,knpa ya gan,mohon infonya gan thanks sebelmnya

    • rendy
      September 11, 2014

      biasanya cuma dari rantai ketengnya gan..coba cek..

  22. kaleb
    June 17, 2014

    Ok Thanks gan :v

  23. nauval
    July 1, 2014

    gan mau nanya kalo rem depan bunyi `ngik .. ngikk..` itu kenapa yh motor saya fu face lift 2013 , mohon
    infonya

    • rendy
      July 1, 2014

      ngik..ngik…bunyinya di rem depan apa di tuas remnnya gan? kalo di rem depan cek kampas remnya..trus bersih2 kaliper remnnya

      • nauval
        July 1, 2014

        iya di rem, udah di bersihin pokoknya udah di cek semuanya tapi tetep bunyi bingung saya -_-

  24. zull
    July 7, 2014

    mlm cing…gue mau tanya knpa motor satria gue suaranya toktoktok seperti kereta senja ya??? lg dbawa jalan maupun lg stay! jawaban nya penting nh…..tnxs

    • rendy
      July 17, 2014

      rantai ketengnya udah ga bagus gan..

  25. randi
    July 8, 2014

    Numpang tanya nih mas,stiap msin mtr fu punya ane udh panas pasti bwaan ny mau mti mulu trs klo rpm ny rendah pasti mati,kmren udh di ganti sma tutup busi yg biasa tetep gtu bahkan busi ny juga udh di ganti,mhon info ny mas

    • rendy
      July 17, 2014

      cek setelan karburatornya gan..mungkin kurang pas

  26. kevin
    August 17, 2014

    Gan mw nanya satria fu saya kok kalau abis di cuci lampu depan nya kok konlet ya konslet nya pertama kedap kedip gt lampu depan nya kaya konslet malah lampu samping(lampu kecil) nya yang nyala duang saya ganti lampu hid xeon solusi nya apa ya biar lampu depan nya nyala sempurna

    • rendy
      August 26, 2014

      cek dudukan lampunya gan mungkin ada yang bolong yang memungkinkan air rembes kesana..

  27. bayu17
    August 19, 2014

    mas saya ambil motor satria fu 2014 baru seeminguan kok kalo masukin kopling injek bawa kok suka kaya 2 kali injek(krek,krek) gak langsung masuk loh

    • rendy
      August 26, 2014

      cek setelan kopling dan rumah koplingnya gan..biasanya bunyi kayak gitu tanda2nya kabel koplingnya mau putus

  28. victor
    August 26, 2014

    Gan kalo motor saya kalo udah jalan nahan gitu,tiap jalan beberapa km trus brebet dan mogok, distater kembali hidup. Ap masalahnya?

    • rendy
      October 20, 2014

      cek karbunya gan…mungkin kesumbat or ada vakumnnya yg robek

  29. kir
    August 27, 2014

    Bos mau tanya mtor ane satria fu 2005 trus skrng masalah nya klo dgas hentakn ny g ada ngeden trus ane buka vacum ny msh bgus dpsang ada hentkn lg cuma g lama hilang lg kenapa ya ?

    • rendy
      October 20, 2014

      maaf gan hentakan gimana ya gan? memang ada perbedaan tarikan antara karbu vakum dan no vakum, kalo non vakum itu biasanya lebih spontan dan ngga ngeden, kalo vakum memang karakteristiknya ngga spontan dan ada jeda..

  30. Ridwan
    August 27, 2014

    Salam sob
    mau taya ni,sya pya sf thun 2008,mslah’nya wkt start spedo mter awl ya normal tpi stelah d gas spedo lnsung mti,.dan kdang2 spedo’ya hdp jga sob wkt rfm tggi,tpi mtr jd nyendat2 dan knalport’ya nembak2…klu lmpu smua normal sob.

    • rendy
      October 20, 2014

      kayaknya itu gejala akinya soak gan..coba cek akinya..

  31. ugy
    December 26, 2014

    gan mau nanya satria ane tau knpa tarikanya tba2 berat bgt pdhl sblumny enteng . kmren di anggurin 2bln abis mrantau mhon saranya

    • rendy
      January 15, 2015

      cek mesin gan..ganti oli,servis besar..mungkin di dalem mesinnya udah mulai ada yg lengket or berkarat. CMIIW

Leave a Reply

 

 

 

Back to top
mobile desktop