Masalah yang sering terjadi pada Suzuki Satria FU 150

suzuki satria FU 150R

suzuki satria FU 150

Motor yang berjuluk hyper underbone merupakan tulang punggung penjualan suzuki di indonesia, mungkin penamaan bebek super sangat tepat. Dengan mesin 150 cc DOHC yang mampu memuntahkan tenaga sampai 16 dk saat ini sangat disukai oleh speed freak. Ditambah bodi bebek yang ringan dan terhitung mungil mengingat mesin yang digendongnya. Untuk pemakai motor ini jangan lupa untuk merawatnya, meskipun satria ini tidak terlalu rewel tetapi ada beberapa masalah yang kerap timbul. Untuk itu akan lebih baik untuk melihat satu persatu masalah yang kerap muncul pada suzuki satria FU 150.

Knalpot nembak, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi knalpot nembak ini. Salah satunya adalah dengan mengganti ukuran pilot jet dengan ukuran yang lebih besar misalnya dari ukuran 17,5  menjadi 20,0. Tetapi sebelumnya sebaiknya bersihkan terlebih dahulu karburator, takutnya didalam karburator terdapat kotoran sehingga bisa bikin campuran BBM di ruang bakar menjadi miskin.

Sensor spidometer idle, indikatornya adalah angka pada spidometer tidak bergerak meskipun motor melaju. Ini terjadi dikarenakan sensor spidometernya bermasalah, sensor ini terletak di balik pelindung gir depan didekat mesin. Spidometer ini bermasalah dikarenakan sensor yang kotor tertutup pasir dan oli.

Karburator banjir, indikasinya adalah bau bensin yang menyengat dikarenakan bensin yang mengalir terus dari slang pembuangan karburator. Ini dikarenakan jarum pelampung dalam mangkuk karbu bermasalah. Biasanya jarum pelampung ini bermasalah dikarenakan adanya kotoran yang masuk ke dalam karbu, selain jarum pelampung yang bermasalah, komponen lain dalam karbu yang sering bermasalah adalah jarum skep sehingga mengakibatkan bensin yang tidak terkontrol. Solusinya adalah harus ganti baru, bisa memakai kepunyaan suzuki smash yang lebih murah.

Lengan ayun yang berisik juga menjadi catatan pada motor ini, biasanya terjadi pada satria FU yang telah berumur lebih dari 1 tahun. Indikasinya adalah bunyi ‘nyit..nyit” pada saat lengan ayun bekerja, setelah diselidiki ternyata sumber bunyi adalah pada batang as arm yang kotor, berkarat dan kering. Solusiny adalah dengan melumasi batang as lengan ayun dengan gemuk atau grease. Bila berkarat harus segera dibersihkan dulu karatnya dengan ampelas yang halus dan bensin. Kemudian cek bos armnya bila rusak/pecah  segera diganti dengan yang baru

Be Sociable, Share!

63 thoughts on “Masalah yang sering terjadi pada Suzuki Satria FU 150

  1. aq beli satria f baru 2013 dipake 3 bulan headlamp n speedometernya kalo kena getaran kok goyang ya? tolong minta info. untuk mengatasi getaran tersebut, rasanya risi kalo punya motor palagi motor kesayangan pada getar kepalanya.. trim’s.

  2. aku beli satri fu seken thn 2005, indend…
    masalahnya kenapa kalo hujan satria, mesinnya sering mati. dan susah untuk dihidupkan. dan knalpotnya sering mengeluarkan suara aneh. misalnya seperti suara batuk. mohon jawabannya.
    terima kasih

    • masalahnya persis satria saya dulu gan :). pas ujan mesinnya brebet sampe mati, solusinya gampang gan..itu mati karena businya basah or kemasukan air. coba agan liat di tempat busi itu ada dibawah ada lubang pembuangan air nah itu dibersihin dulu gan. trus di sambungan tutup busi dan kabel koil dikasih isolasi yang tahan air, yang warna item biasanya untuk kabel listrik. untuk suara batuk itu istilahnya nembak gan..solusinya udah ada di artikel yang ini. nuwun

  3. gw punya motor fu yang bunyinya lembab

    • gi mana ya cari nya supaya motar fu saya bisa bnyinya kring.. bawa ke bengkel resmi ngak ada prubahan, bunyi mesin terasa kasar, jalan 20km bnyinya kek motor udah puluhan tahun mesin panas.. kapok juga ne punya fu

      • bunyi kring itu kayak gimana ya gan..hehehe, setau saya FU itu termasuk motor yang enak. kalo mesin kasar biasanya dari rantai keteng, kayaknya udah penyakit FU rantai ketengnya gampang kendor, solusinya ada pada tensionernya, dulu pernah ganti punya smash. coba agan pake oli motul yang 3100 dan ganti olinya sekalian pas servis. mudah2an terasa beda..:)

  4. aku punya motor satria FU keluaran 2012,,gimana ya cara ya kta memperbaiki mesin klo suaranya berisikk..

    • kalo satria FU suara berisik biasanya timbul dari rantai keteng yang sudah kendur gan..masalahnya bukan rantai ketengnya tapi tensioner penonjok rantai keteng, solusinya ganti per penonjok tensionernya pake pernya suzuki smash or shogun, tapi tetap ada penyesuaian sedikit.

      • mau nanya nih saya punya satria fu tahun 2012 kalo di tarikan pertama ko gak langsung nyentak yaah tapi nahan dulu setelah gas kumpul baru mau , kaya ngempos gitu , thankz

        • itu memang karakter karbu vakum gan, karena ada efek vakum tadi makanya kalo digas ngga langsung lari..kalo agan mau bisa diganti dengan karbu non vakum. biasanya jadi lebih spontan larinya..bisa pake punya NSR SP atau rx king

          • kalo ituh emang bukan dari koil nya gan ??
            kalo karbu masih normal

          • setau saya bukan gan..emang karakter dari karbu vakum emang gitu, kita harus buka gasnya pelan2..tujuannya yah supaya bensinnya irit gan. kalo koilnya rusak ntar masalahnya ada di pengapian gan..larinya ke busi, biasanya jadi ndut2an dan bisa mogok. CMIIW

          • naah ituh dia gan motor satria ane klo mesin nya udah panas endut-endutan ,.. apah ituh penyakit nya , soal nya sampai sekarang belum ketemu penyakit nya

          • bisa jadi tanda2 kekurangan bensin gan..atau overheat..

          • maksud nya kekurangan bensin gan ??
            bensin nya gak mau turun gitu..

          • kurang banyak gan bensinnya..pengaturan banyak ngga bensin itu ada di karburator, nah komponen di karburator yang ngatur debit bensin itu namanya pilot jet dan main jet..silahkan diutak atik di bagian situ gan..CMIIW

  5. saya punya satria fu mas brooo…thun 2005 klau dipke mesinnya panas kayak ada suara konslet bro dri kbel busi,,,,pdhal busi,coil,sama kepala businya udh aq ganti dgn yg bru,,, tpi suara itu gk ilang2 jga,,,maslahnya apa ya bro,,,,

    • waduh..koq sampe ada suara konslet bro..agan yakin itu suara sumbernya di sekitar busi? sebaiknya cek pengapian secara menyeluruh gan..dari aki,koil, CDI ampe busi..kalo bener konslet ada kemungkinan cuma soket yang kendor atau kabel yang terkelupas. CMIIW

  6. Gw punya fu karburatornya sering banjir ..
    Apa lgi pas isi BBM
    Apa masalahnya y brayy ?????

  7. Gw punya motor Fu keluaran 2013. Blom samapai setahun
    Knp sering mberebet” gitu. Kalau mesin panas..? Padahal busi,spuier,udh di ganti. Tp klw mesin dlm kondisi dingin mah jalan ny lancar, apa lagi klw pakai Pertamax.. Udh nyerah gw gan.. :)please info

  8. Mau nnya bos. Klw mtr f mogok gaak jauh dri busi kan bos,ketika ujan.nah solusi nya supaya gakk kemasukan air lg gih mana bos , bentuk nya bagaimana buat nutupnya.thanks bos,

    • biasanya pake isolasi/lakban yang warna item+lentur yang biasa dipake untuk kabel. nah isolasi itu untuk menutup celah antara tutup busi dan koil. biasanya disitu air bisa masuk..trus dibawah tempat busi dimesin ada lubang pembuangan air, biasanya disitu juga bisa mampet.

  9. Gan ane abis overhaul satria ane di beres tapi motor ane masih kasar suaranya..gmna nih solusinya

    • hmnn..ukuran kasarnya itu gimana ya gan? biasanya FU itu muncul suara kasar dari rantai ketengnya yang kendor, dan solusinya bukan ganti rantai keteng tapi ganti per tensioner penekan rantai keteng.CMIIW

  10. Suaranya kasar banget..padahal ane udh ganti stang seher.seher ,keteng,tensioner, kok masih kasar ya trus suara knalpot nembak

    • kalo ganti semuanya ada kemungkinan inreyen gan..trus olinya kalo bisa jangan yang terlalu encer dulu, mending pake oli standar dulu. kalo nembak itu hubungannya dengan karburator..coba ganti pilot jet or main jet.

  11. mw minta sulusi brow ,tempat servis suzuki sebaikx ganti karburator soalx biasa tiba2 mati mtorx…..ap mw di ganti atw ndk brow

  12. Gue mau nanya nii bro,,
    Motor gue klo mau ganti karburator PE 28 ganti manipol ngga,,?
    Soal’a motor gue ngempos bgd,trus knalpot’a nembak” terus,,
    Thanks

  13. mau nanya gan.. satria fu ane tahun 2012, nah awalnya kan tiap hujan mesin selalu mati .. nah ane udah solasi kepala busi , udah ganti busi.. nah skrg makin aneh gan.. tiap jalan beberapa km itu selalu brebet gitu gan trus mogok distater nyala lagi . tapi di rpm rendah, kalo tinggi normal lagi . itu lagi ga hujan gan.. nah bisa dibantu gan ?

  14. aku punya motor satria fu thn 2012,,kenapa lah suara mesinnya itu kasar banget kalau dingin bukan tik tik lagi suaranya tpi lbh kasar lgi,,mohon di jawab lah gan.

    • kasarnya gimana gan? kadang kalo kita make oli yang lebih encer memang suara jadi lebih kasar. trus biasanya juga suara kasar timbul karena ada komponen yang sudah ngga presisi..coba diservis besar di cek satu2

  15. gan, ap pnyebab dari suara brisik di karburator bunyinya kya body motor yg bautnya gak kncang, trus bunyi di knalpotnya beda..

  16. Stelan angin karbunya payah dapat itu apa kendalanya gan. Kadang sekali dapat tetap meletup” juga abis tuh jarum di spidometer kalau kita hidupin mesinnya jarum itu gak bisa diam netral seperti biasanya.
    Kasih kritikkan gan mana tau bisa saya beresin sendiri

    • kalo standarnya 2,5-3 putaran gan, biasanya dicari putaran yang pas..maksudnya di putaran itu mesin jadi lebih stabil putarannya. kalo jarumnya ga bisa diam berarti ada kemungkinan arus listriknya kurang stabil gan..cek aki.

  17. Mas bro sya mw tanya knpa ya satria f sya ska mbrebet klo lg jln plna trs mti udh mti szah d hdupm lgi

  18. Mas bro sya pnya satria f knpa ya klo d bwa plan ko ada suara beretbet ya pdhl udh d servis

  19. Mlm gan, klo sensor kilometer satria fu bs direpair gk ya, klo udh error..

  20. Gan,kalo satria bagus yg 2008 Thailand apa yg skrg ya ? Mohon info gan :(

  21. Gan mau nanya dunk,satria ane klo mati bunyi kasar’blak’kaya bunyi besi beradu gt,knpa ya gan,mohon infonya gan thanks sebelmnya

  22. gan mau nanya kalo rem depan bunyi `ngik .. ngikk..` itu kenapa yh motor saya fu face lift 2013 , mohon
    infonya

  23. mlm cing…gue mau tanya knpa motor satria gue suaranya toktoktok seperti kereta senja ya??? lg dbawa jalan maupun lg stay! jawaban nya penting nh…..tnxs

  24. Numpang tanya nih mas,stiap msin mtr fu punya ane udh panas pasti bwaan ny mau mti mulu trs klo rpm ny rendah pasti mati,kmren udh di ganti sma tutup busi yg biasa tetep gtu bahkan busi ny juga udh di ganti,mhon info ny mas

  25. Gan mw nanya satria fu saya kok kalau abis di cuci lampu depan nya kok konlet ya konslet nya pertama kedap kedip gt lampu depan nya kaya konslet malah lampu samping(lampu kecil) nya yang nyala duang saya ganti lampu hid xeon solusi nya apa ya biar lampu depan nya nyala sempurna

  26. mas saya ambil motor satria fu 2014 baru seeminguan kok kalo masukin kopling injek bawa kok suka kaya 2 kali injek(krek,krek) gak langsung masuk loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>