Masalah yang sering timbul pada Honda Supra X 125 dan karisma 125 (part 1)

honda supra x 125

Supra X 125

Meskipun sudah lama beredar honda supra X 125 sampai saat ini masih merajai penjualan di kelas bebek. Saat ini versi terbaru dari supra X125 adalah supra X125 helm in, hal ini berarti motor honda supra series masih berevolusi dan berkembang. Pada awal keluarnya honda supra x125 ini ternyata merupakan pengembangan dari honda karizma, dimana honda karizma terlebih dahulu yang muncul baru supra X125. Dapat diketahui bahwa basis supra X125 dan karizma 125 mempunyai basis yang sama baik basis mesin maupun rangka. Oleh karena itu problemnya pun hampir mirip-mirip, dibawah ini mungkin problem yang sering muncul pada kedua motor tersebut.

Bodi getar, bodi getar ini setau saya sudah menjadi ‘penyakit’ motor honda sejak mengeluarkan honda supra X dan ini terjadi juga pada supra X125 dan karisma 125. Dimana bila motor dijalankan pada putaran tinggi maka akan timbul getar khususnya pada area sekitar dasbor motor dan sayap.biasanya panel bodi ini bergetar karena adanya celah antara panel bodi satu dengan yang lainnya. Cara mengatasinya adalah dengan menempelkan double tape yang mempunyai busa ditengahnya, biasanya berwarna hitam dan tebalnya mencapai 2 mm.  tempat penempelannya adalah pada celah antara bodi tersebut atau sambungan antar panel bodi.usahakan penempelanya secara menyeluruh pada panel bodi tersebut. Nah double tape tadi tugasnya adalah menjadi peredam antara dua panel bodi sehingga tidak bergetar lagi.

Be Sociable, Share!

8 thoughts on “Masalah yang sering timbul pada Honda Supra X 125 dan karisma 125 (part 1)

  1. gimna cara mngatasi masalah suara pada motor karisma

  2. Gan , motor ane supra x 125 2006
    Setelah ane pasang kopling manual timbul suara krek , krek .itu kenapa ya ??

    • agan yakin suara itu dari perangkat kopling manual? untuk pertama coba lumasin dulu per dan kabelnya gan..kalo masih bunyi kemungkinan pas pasang kampas dan mekanisme koplingnya kurang pas..lebih baik dikomplain di bengkelnya gan. harusnya masih garansi..

  3. Gan saya mau nanya nii,kenapa ya motor saya kok,saya lagi enak” jalan tiba” mati,kaya kehabisan bensin?kenapa ya gan ?tolong comment ya gan,..
    Motor saya karisma X 125D

  4. Gan,
    npa karisma saya lari 100 getaran mesin lebih tinggi

    • itu normal gan..karena semakin berumur motor maka ada komponen yang kendur atau kurang balance, bisa engine mountingnya, camshaftnya, tapi hebat loh karismanya masih bisa lari 100..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>