Masalah yang sering timbul pada Honda Supra X 125 dan karisma 125 (part 2)

honda karisma

honda karisma

Problem kedua adalah pada karburator, disinyalir sering banjir. Indikasinya adalah pada saat motor terparkir akan ada tetesan bensin yang muncul dibawah mesin, hal ini sangat berbahaya karena dapat berpotensi menimbulkan kebakaran. Oleh karena itu lebih baik mengecek satu persatu komponen yang ada pada karburator, antara lain adalah pelampung,main jet, pilot jet dan jarum skep. Hal ini dikarenakan adanya kotoran yang menumpuk pada radiator, atau ada indikasi jarum pelampung yang aus. Bila aus maka pelampung tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai alat pengatur bensin yang masuk dan keluar, nah bila terjadi banjir bensin maka dapat dikatakan bahwa tugas pelampung sedang rusak karena bensin terus menerus keluar sehingga manggkuk karbu tidak bisa menampung lagi sehingga bocor.

Oli yang meler, ini merupakan problem ketiga. Bila meler maka dapat dicurigai pada sil-sil pada mesin yang sudah getas/keras ataupun rusak. Sil-sil ini biasanya  terdapat pada sil girdepan, tutup setelah klep,sil perseneling dan sil kick starter. Bila rusak maka sil-sil ini tidak bisa menahan tekanan oli sehingga akan nengakibatkan bocor atau rembes segera ganti sil-sil tersebut bila tidak ingin kejadian terulang lagi.

Bila rantai sudah berbunyi dan setelah rantai sudah mentok maka itu merupakan tanda bahwa sudah saat komponen tersebut diganti. Untuk pergantian sebaiknya mengganti langsung satu set gir dan rantai. Permasalahan lain adalah bearing yang mulai oblak, ciri2nya adalah jalan motor tidak stabil kemudian bila roda digoyangkan ke kiri dan kanan terasa oblak dan ada celah.

Be Sociable, Share!

8 thoughts on “Masalah yang sering timbul pada Honda Supra X 125 dan karisma 125 (part 2)

  1. bro aku mu nanya ni tentang suprax 125 R

  2. bro…mau tnyk knp sih karbu karisma slalu netes ,pa dahal udh di servis

    • wah..harusnya dikomplen ke bengkelnya gan.. biasanya kalo bensin netes ada masalah di pelampung karburatornya or ada saluran bahan bakar yang kesumbat.

  3. Bro ♏aǚ nanya….
    Kenapa karbu supra x 125 sya sering bocor ya dri pembuang karbu ya.padahal dah sya ganti karbulator ya dengan yg baru.
    Tapi tetap masih bocor bengsin ya.
    Mohon bantuan ya bro…
    JWban ya send ke email ya bro
    Makasih sebelum ya.

  4. gan mohon bantuannya nih
    kenapa ya kharisma tarikannya berat & mesinnya kalau nyala berbunyi tek..tek.. gitu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>