Problem mesin mogok pada toyota vios dan penyebabnya

Toyota Vios

Toyota Vios

Toyota vios, sedan yang ini merupakan andalan dari pabrikan toyota. Mesin bandel, desain yang fresh dan keren menjadi senjata toyota vios untuk bersaing di pasar indonesia. Vios ini juga dipakai armada taksi mungkin berbeda versinya yaitu toyota limo, toyota limo ini merupakan versi ‘murah’ dari toyota vios.Analoginya adalah dipakai untuk taksi yang notabene jam terbangnya tinggi vios terbukti mampu, apalagi dipakai untuk kendaraan pribadi yang lebih sedikit jam terbangnya. Meskipun terbilang tahan banting, mobil ini tetap harus dirawat demi kenyamanan dan kelancaran beraktifitas. Untuk vios yang usianya mencapai lebih dari 5 tahun kadang timbul masalah ini, yaitu mesin mogok atau mati secara tiba-tiba. Gejala ini terjadi pada saat mobil ini berjalan dan mati mendadak, distarter lagi tetapi belum bisa hidup. Kadang harus menunggu 3-4 jam setelahnya baru mobil akan hidup secara normal.

Diagnosa pertama adalah aki, bila aki setelah dicek masih normal maka ada komponen lain yang bermasalah. Pertama adalah masalah pada koil, kedua adalah masalah pada dynamo starter lemah, ketiga adalah pada MAF(Mass Air Flow).

Pertama adalah koil, biasanya dikarenakan koil panas. Hal ini bisa dicek dari percikan pada busi atau dengan alat pengukur voltmeter. Bila koil lemah akan terlihat pada percikan api di busi, percikan api akan kecil/lemah. Karena pada dasarnya koil berfungsi untuk mengubah tegangan rendah ke tegangan yang sangat tinggi untuk mengalirkan ke busi sehingga terjadi pengapian. Jadi kalau koil menurun kinerjanya maka pengapian akan terganggu dan mesin mobil bisa mati.

Bila koil sudah diganti dan masalah tersebut tetap timbul maka dicek pada komponen dinamo starter. Cara kerjanya adalah listrik akan dialirkan pada motor starter dan motor starter akan mendorong gigi starter kemudian dilanjutkan dengan menggerakkan gigi roda gila mesin mobil agar hidup. Jika sudah lemah maka motor starter hanya akan berputar tetapi tidak kuat untuk menghidupkan mesin. Hanya ada suara gangsingan. Solusinya segera perbaiki motor starter tersebut, atau bisa menggantinya dengan yang baru.

Yang terakhir adalah cek MAFnya, MAF adalah sebuah alat yang bertugas untuk mengatur debit udara yang masuk kedalam pembakaran. Jadi udara yang masuk dihitung dahulu oleh ECU agar keseimbangan antara udara dan bensin yang akan dibakar menjadi pas. MAF ini rusak dikarenakan adanya kotoran yang menggangu kinerjanya sehingga kotor. Sensor ini terletak di atas box filter udara yang mengarah pada throttle body, bila kotor akan menggangu perhitungan oleh ECU. Disarankan MAF ini tidak untuk diservis atau diperbaiki, lebih baik langsung mengganti dengan yang baru

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>