Sekilas tentang knalpot racing motor (part 1)

knalpot racing

knalpot racing

Sebuah komponen yang berbentuk pipa yang tersambung pada mesin dan di ujung satunya mengeluarkan asap/angin, apakah itu? Itu merupakan knalpot. Yaitu sebuah komponen pipa yang bertugas untuk menyalurkan gas buang sisa pembakaran. Secara umum tugas sebuah knalpot sangat sederhana yaitu hanya menyalurkan gas buang, tetapi pada hakikatnya knalpot motor mempunyai pengaruh besar pada performa mesin dimana pada knalpot motor terdapat potensi untuk menaikkan tenaga sekitar 15%-20%. Untuk itu desain, ukuran,material, panjang dan pendek, diameter pipa dll knalpot berpengaruh besar pada performa mesin. Sehingga para modifikator berlomba untuk membuat knalpot yang lebih baik daripada motor standar.

Pengaruh knalpot sebenarnya mempunyai prinsip yaitu semakin jalur pembuangan lancar maka tenaga mesin pun akan keluar secara maksimal. Kelancaran gas buang dipengaruhi oleh desain dan ukurannya, makin sedikit lekukannya maka hambatan akan semakin berkurang begitu juga dengan diamater pipa yang besar, pipa yang besar akan membuat aliran gas buang menjadi semakin lancar.

Aliran gas buang yang terlalu lancar juga tidak terlalu baik bagi sebuah knalpot, karena bila terlalu lancar maka efek back pressure pada mesin akan berkurang, efek back pressure adalah efek dorongan untuk membantu piston untuk bergerak dengan memanfaatkan tekanan gas sisa pembakaran. Efeknya bila terlalu lancar maka tenaga dan torsinya turun. Kemudian panjang dan pendek knalpot juga sangat berpengaruh pada karakter mesin. Makin panjang biasanya nafas mesin menjadi semakin panjang dan cocok untuk trek lurus. Kebalikkannya bila knalpot pendek maka nafas mesin juga akan pendek, karena tenaga puncak ada pada putaran rendah, cocok untuk jalan yang ramai seperti di kota besar.