Teknologi yang terdapat pada Yamaha Xeon

Yamaha Xeon

Yamaha Xeon

Skutik dengan kapasitas mesin besar akhir-akhir ini menjadi trend pada kalangan pabrikan, sebut saja yamaha xeon, honda vario techno 125 dan suzuki skywave. Untuk suzuki skywave menjadi pelopor skutik bongsor ditanah air.  Untuk yamaha xeon sendiri menjadi andalan yamaha untuk bertarung di kelas ini. Dan ternyata yamaha xeon lumayan banyak terjual meskipun belum bisa menyaingi mio series. Pada yamaha xeon ini sudah tersematkan teknologi-teknologi terkini yang sudah biasa ada di motor keluaran yamaha. Meskipun ada rumor akan hadirnya Yamaha Xeon versi terbaru dengan teknologi terbaru, yaitu sudah memakai YMJET FI. Namun tidak rugi untuk melihat teknologi yamaha Xeon versi sekarang, Teknologinya antara lain.

1. Diasil silinder

Yaitu sebuah silinder yang sangat keras dan licin. Hal ini dikarenakan pada material silinder tersebut sudah ada campuran aluminium dan silikon. Hasilnya adalah semakin minim gesekan antara piston dan silinder, hal ini sangat menguntungkan karena resiko piston macet dapat dieliminir dan tenaga mesin menjadi stabil.

2. Forged Piston

Yaitu sebuah piston yang dibuat dari material pilihan yang ditempa dan dibentuk piston. Sehingga punya karakter lebih rapat dan kuat. Kemudian pada permukaan dinding piston dilapisi timah yang fungsinya untuk mengurangi gesekan. Kemudian karena ditempa maka dimensi piston bisa lebih enteng dan rendah vibrasi saat bekerja kemudian piston menjadi tidak mudah memuai saat suhu tinggi.

3. berpendingin air

Yaitu sudah menggunakan sistem pendinginan menggunakan air, dengan kata lain sudah mengaplikasikan radiator untuk mendinginkan mesin.

4. Throttle position sensor

Yaitu sama dengan yamaha jupiter mx, karburatornya dilengkapi dengan cuk otomatis dan sensor pengaturan derajat pengapian berdasarkan bukaan throttle. Jadi pengapian pada ruang bahan bakar sesuai dengan bukaan gas yang kita putar. Sehingga harapannya tenaga dan bahan bakar akan terbakar sempurna dan tingkat efisiensi menjadi lebih tinggi.

5. Starter cluch basah

Pada yamah xeon starter elektriknya menggunakan model basah yaitu pada alat starter elektriknya terendam oli. Mirip dengan motor bebek dan sport, sehingga proses starting menjadi lebih halus dan senyap.

6. Multi function main switch

Merupakan fitur yang memudahkan pengendara untuk membuka jok belakang melalui  kunci kontak, kemudian sudah dilengkapi juga dengan kunci magnet. Dan adanya tombol khusus untuk membuka lubang kunci.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>