Tips dan trik kipas elektrik pada radiator mobil

kipas elektrik

kipas elektrik

Mobil baru terkini semakin canggih mesinnya, biasanya dengan ditandai kompresi mesin yang tinggi dan sejumlah teknologi  yang disematkan pada mesin. Salah satunya adalah pada kipas pendingin radiator dimana pada mobil lama kipas pendingin radiator masih menggunakan viscous fan dimana putaran kipas masih menggunakan sumber dari putaran mesin sedangkan pada mobil sekarang kebanyakan menggunakan kipas elektrik yang menggunakan sumber tenaga dari kelistrikan mobil. Perhatikan bila electric fan sudah mulai melemah, bila melemah maka suhu mesin dapat naik secara drastis. Maka dari perawatan dan perlakuan electrik fan harus segera dicermati.

Kondisi ideal dari electrik fan adalah putarannya yang harus mencapai 1.500 rpm bila kurang maka dapat dikategorikan kipas tersebut lemah, kemudian dapat dirasakan embusan angin kipas itu sendiri bila tidak kencang dibandingkan yang dulu maka dapat dipastikan elektrik fan tersbut hrs segera dicek secara menyeluruh. Indikasi lain untuk kipas yang sudah lemah adalah dapat dilihat dari suhu mesin yang merambat naik, bila lebih dari setengah maka dapat dikategorikan tidak normal. Indikasi lainnya adalah bila AC dinyalakan maka temperatur mesin akan cepat naik, hal ini dikarenakan posisi kondensor AC terletak di depan radiator dan kondensor tersebut akan mempengaruhi temperatur radiator.

Bila terdapat ciri-ciri diatas maka segera cek kondisi electrik fan, tidak semua masalah elektrik fan akan berakibat mengganti secara utuh. Lebih baik untuk pertama kali sebaiknya cek kondisi carbon brush, bila bermasalah dapat langsung diganti tanpa mengganti motor kipas. Selanjutnya yang perlu dicek adalah kumparan di dalam motor kipas, bicara tentang kumparan terdapat 2 macam jenis motor kipas yaitu yang menggunakan lilitan kabel didalamnya dan ada yang menggunakan piringan. Bila kumparan tersebut rusak maka bisa langsung digulung ulang tetapi bila motor tersebut bertipe piringan tentu tidak bisa digulung ulang. Bila terpaksa maka menggulung ulang kumparan akan menjadi solusi yang sesuai, tetapi bila memungkinkan lebih baik menggunakan motor kipas second yang utuh  untuk mengganti motor kipas yang rusak.

Be Sociable, Share!

4 thoughts on “Tips dan trik kipas elektrik pada radiator mobil

  1. Bos kalo electrik fan tdk putus(nyala terus) pdhl ac sdh dingin. Tp kl gas di injek perlahan kipas berhenti sebentar, slnjut hidup terus tnpa putus. Ini terjd stlh ganti kondensor akbt bocor.
    pa yg mst diperbaiki bos,, tq oh iya mobil jazz rs 2011

    • temperatur mesinnya gimana gan? naik apa setengah? apa dibawah setengah? yg normal adalah temperatur mesin di setengah indikator suhu. kalo dibawah itu berrarti mesin terlalu dingin..diatas itu mesin overheat. sepanjang temperaturnya masih normal berarti mesin dalam kondisi fit

  2. om wajar ngga sih klo air di tabung reservoir bertambah ketika mesin dalam keadaan panas (normal) tp ketika mesin keadaan dingin air kembali seperi semula, masalahnya boil smpt overheat dan ternyata tersumbat jd trauma gitu..mobil saya Nissan sentra Genesis injection tahun 91, thanks y om….

    • yang penting udah ngga tersumbat sirkulasi radiatornya mas. dan ngga ada gejala overheat..karena dengan umur mobil yang udah lumayan tua..overheat biasanya jadi penyakit bawaan mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>