Arti dan fungsi Angka dan Abjad Pada Transmisi Otomatis

tuas matik model gate

tuas matik model gate terios

Pada mobil matik terdapat perbedaan mendasar di cara berkendara dan sistem berkendara, sehingga diperlukan pengetahuan dan perubahan kebiasaan bagi orang yang baru pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi otomatis. Tidak hanya perbedaan pada proses pemindahan gigi, yang mana mobil manual harus menginjak kopling dahulu sebelum memindahkan gigi sedangkan mobil matik prosedur itu dihilangkan. Nah yang lebih penting dalam mengendarai mobil matik adalah bagaimana mengatur gigi supaya sesuai dengan peruntukkannya dan memahami karakter dari transmisi matik itu sendiri. Untuk itu akan dibahas beberapa arti dan fungsi tanda, abjad dan angka pada transmisi matik sehingga  tidak terjadi yang namanya kagok mobil matik.

Pada mobil matik biasanya terdapat tanda, angka dan abjad seperti ini P,N,D,3,2,1 atau P,N,D, 2,Low dan lain-lain.

1. P (Parkir)

Digunakan pada saat parkir, yang berarti gigi transmisi terkunci dan kendaraan tidak bisa dipindahkan. Tetapi sebaiknya digunakan pada saat kita benar-benar diam pada waktu yang agak lama, bukan pada saat diam di lampu merah.

2. N (Netral)

Merupakan posisi netral dimana tidak dalam posisi gigi manapun. Ini berguna pada saat kita diam pada waktu yang tidak terlalu lama seperti pada lampu merah.

3. D (Drive)

Merupakan posisi gigi transmisi yang berarti mobil siap dijalankan atau digerakkan. Jadi hanya pada posisi ini saja mobil melaju sesuai dengan kecepatan mobil dan kondisi jalan.  Jadi kita hanya menginjak gas, sedangkan yang lainnya biar transmisi yang menjalankan. Jadi gigi akan otomatis naik dan turun sesuai dengan kondisi jalan, perpindahannya akan terjadi secara otomatis. Biasanya gigi akan berpindah pada saat putaran mesin mencapai 2 ribu rpm. Yang perlu diperhatikan pada posisi ini adalah pada saat mobil melewati turunan, bila dibiarkan maka gigi akan berpindah terus ke gigi yang lebih tinggi sesuai dengan kecepatan mobil. Kemudian kebalikannya adalah pada kondisi jalan menanjak maka disarankan untuk segera memindahkan gigi ke gigi yang lebih rendah sehingga putaran mesin akan meninggi dan tenaga mesin akan lebih keluar. Biasanya juga pada posisi ini ada fitur kick-down, yaitu fitur dimana bila kita menginjak gas secara mendadak maka putaran mesin akan meninggi dan tenaga mesin akan lebih keluar dan mobil akan segera berakselerasi secara cepat. Fitur ini diperlukan bila kita akan menyalip mobil didepan, sehingga tidak perlu pindah posisi cukup menekan gas secara mendadak maka mobil akan spontan berakselerasi.

4. 3 (gigi 3)

Pada posisi ini transmisi akan  terkunci maksimal gigi 3, dimana putaran mesin dan kecepatan dibatasi sesuai dengan gigi 3.

5. 2 (gigi 2)

Pada posisi ini transmisi dikunci maksimal pada gigi 2, hal ini ditandai dengan putaran mesin yang tinggi . biasanya dipakai pada saat mobil menanjak atau menyalip kendaraan di depan yang notabene memerlukan tenaga yang lebih dan putaran mesin yang lebih tinggi. Maksud dari maksimal gigi 2 adalah transmisi tetap bisa otomatis naik dan turun tetapi hanya maksimal pad gigi 2. Contoh bila melambat maka transmisi otomatis akan turun ke gigi 1, dan bila menamban kecepatan maka akan naik ke gigi 2, tetapi hanya mentok pada gigi 2 saja.

6. L (low)

Dalam hal ini berarti posisi gigi lebih rendah dari sebelumnya dalam hal ini berarti posisi gigi 1. Posisi ini berguna bila menghadapi jalan yang menanjak dan gigi 2 dianggap tidak mampu untuk menaklukannya. Sehingga diperlukan gigi yang lebih rendah yaitu L atau gigi 1. Biasanya gigi 1 ini putaran mesinnya langsung meninggi dan tenaga mesin lebih keluar sehingga bisa untuk menaklukan tanjakan tersebut.

7. O/D (over drive)

Ada juga mobil yang ditambahkan fitur O/D atau overdrive, untuk fitur ini bila on maka gigi akan berpindah bila telah mencapai kecepatan tertentu dan putaran tertentu, yaitu pada putaran yang lebih tinggi dari biasanya. Dan gigi langsung masuk pada gigi tertingginya. Biasanya digunakan pada turunan bila posisi gigi di D dan tombol o/d on maka akan terasa engine break yang membantu pada jalan menurun

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>