Arti kode pada Ban Motor(cara membaca kode pada ban motor)

kode ban motor

kode ban motor

Setelah artikel sebelumnya yang membahas kode-kode pada ban mobil, maka saat ini saya akan membahas cara membaca kode pada ban motor. Dengan semakin bertambahnya motor yang ada di jalan otomatis akan semakin banyak ban yang terpakai dan pabrikan ban pun berlomba membuat ban motor dengan ukuran, jenis, kompon dan teknologi yang berbeda-beda. yang kesemuanya bertujuan untuk kenyamanan dan keamanan pengendara berikut  sekitarnya. Pada ban motor juga terdapat angka, huruf dan simbol yang kesemuanya mempunyai arti. Maka dari itu bila ingin mengganti ban baru ada baiknya membaca kode yang ada pada ban motor sehingga penggunaannya akan sesuai dengan peruntukkannya. Oh iya kode-kode tersebut biasanya terdapat pada dinding ban motor baik di sisi kiri maupun kanan.

Untuk huruf M/C mempunyai arti bahwa ban ini diperuntukan untuk motor M/C berarti singkatan dari MotorCycle. Kemudian pada dinding ban juga terdapat tanda panah kemudian ada tulisan rotation disampingnya, ini berarti merupakan arah putaran roda yang diharuskan. Bila terbalik maka akan timbul kerugian antara lain grip ban akan berkurang, fungsi pembuangan yang kurang maksimal dan timbul suara yang lumayan mengganggu.

Jangan lupa ada angka 4 digit pada dinding ban yang menunjukan tahun produksi ban tersebut. Semakin lama tentu kualitasnya akan menurun. Kode tersebut antara lain 3110 ini berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke 31 pada tahun 2010. Sebaiknya memilih ban dengan kode yang terbaru. Bila melihat bentuk segitiga ini mempunyai arti tanda keausan ban atau tread wear indicator(TWI), bila alur ban sudah sejajar dengan TWI maka disarankan secepatnya ban tersebut diganti.

Kemudian ini yang paling penting adalah kode tentang ukuran ban, bila melihat kode 100/80-17 berarti jarak antar kedua sisi tapak ban atau lebar ban itu 100 mm. kemudian angka 80 adalah tinggi batas sidewall sampai bibir pelek dalam satuan mm. Angka 17 merupakan diamater pelek motor yaitu untuk motor dengan roda 17 inchi.

Untuk load index dan speed index biasanya ditandai dengan adanya kode yang digabung menjadi satu, atau sudah tertulis pada ban itu sendiri berapa load indexnya. Load index merupakan batas beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban, speed index merupakan batas kecepatan maksimum pada ban yang disarankan. Contoh kodenya antara lain 53S untuk dua angka didepan mendakan load index yaitu berarti load indexnya seberat 206 kg. kemudian untuk huruf dibelakang menandakan speed index yang mempuyai arti batas kecepatan maksimal adalah 180 km/jam. Yang kesemuanya mempunyai arti sendiri dan dapat dilihat dari speed index dan load index tabel.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>