Beberapa masalah yang sering terjadi pada Megelli 250 RE dan RV dan solusinya

Minerva Megelli 250 RV

Minerva Megelli 250 RV

Nama lengkapnya adalah Minerva Megelli, sampai saat ini telah mencapai generasi ke 2 dimana pada generasi ke 2 ini sudah mengalami penyempurnaan performa mesin sehingga lebih bertenaga dan efisien. Spesifikasinya antara lain mesin berkapasitas 250 cc, 4 klep, SOHC ditambah lagi dengan berpendingin cairan alias memakai radiator dan 6 speed. Maka dari itu tidak heran motor ini lumayan mendapat respon positif di pasar indonesia.  Tetapi tidak ada gading yang tidak retak, dengan beberapa keunggulan maka akan ada beberapa kelemahan yang notabene sering dialami para pemakai megelli ini. Masalahnya antara lain.

Starter macet, gejalanya adalah motor bisa distarter tetapi hanya bunyi sedangkan mesin tidak hidup. Setelah dicek ternyata yang menjadi penyebabnya adalah spi gir starter yang rompal. Posisi spi gir starte ini terletak bersebelahan dengan gigi primer. Solusinya adalah dengan membuat spi gir starter menjadi lebih panjang, bisa diganti dengan kepunyaan kawasaki ninja 150R yaitu diambil spi magnetnya.

Masalah lain yang sering muncul adalah pada komponen Tensioner yang bertugas untuk mendorong rantai keteng supaya tetap tegang. Bila tidak bekerja sebagaimana mestinya rantai keteng bisa kendor sehingga menjadi lompat dan timing klep pun menjadi ngaco, parahnya bisa mengakibatkan tabrakan antara klep dan piston. Pada megelli ini ternyata part as dan stoppernya lemah, sehingga tidak kuat mendorong keteng. Solusinya adalah dengan mengganti as dan stopper milik suzuki shogun 110, hanya menggambil as dan stoppernya saja dan pindahkan ke tensioner milik megelli 250.

Sil pompa bocor, merupakan masalah yang sering muncul pada megelli ini. Bila bocor maka cairan pendingin akan berkurang dan lama-lama habis, bahkan air cadangan di reservoir pun akan habis. Bila ini terjadi maka motor pun bisa mengalami overheat. Cara mendeteksinya adalah keluarnya cairan radiator pada lobang kecil yang terletak dibawah pompa. Untuk memperbaiknya bisa langsung mengganti silnya yaitu dengan kode 12-46-6. Tetapi bila as pompa juga rusak, bisa memakai sil perseneling honda grand yang diamaternya lebih kecil kodenya adalah 11-24-10 karena lebih kecil maka bisa mendekap lebih erat.

Rem belakang yang bermasalah, masalahnya adalah rem belakang yang sudah cakram dirasa tidak terlalu pakem. Sebabnya adalah as penonjok master rem tidak lurus sehingga tekanannya tidak maksimal, solusinya adalah tinggal meluruskan dengan menggunakan tangan.

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Beberapa masalah yang sering terjadi pada Megelli 250 RE dan RV dan solusinya

  1. pabrikan ecek2 sih…
    kelemahannya parah banget…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>