Komponen-komponen pada kaki-kaki mobil (part 2:habis)

komponen kaki-kaki mobil bagian belakang

komponen kaki-kaki mobil bagian belakang

Roda belakang, untuk roda belakang komponen kaki-kakinya tidak sebanyak roda depan karena pada roda belakang tidak ada mekanisme pergerakan roda yang dibutuhkan untuk handling mobil. Komponennya antara lain

1. Shockbreaker

Semua pasti tau shockbreaker ini, letaknya ada di semua roda. Fungsinya untuk meredam apa yang terjadi di jalan supaya tidak mempengaruhi penumpang dan stablitas mobil. Dengan kata lain membuat penumpang menjadi lebih nyaman.  Bila rusak indikasinya gampang yaitu ada tetesan oli atau kebocoran pada shockbreaker, indikasi lainnya adalah ayunan mobil lebih banyak dan kadang timbul suara berisik ketika terkena lubang.

2. Bushing arm

Merupakan pengikat lengan ayun dengan sasis, kemudian terdapat karet pada selongsing besi. Karet ini juga berfungsi sebagai peredam getaran dari jalan. Untuk karet bisa lama kelamaan getas dan sobek kemudian akan timbul bunyi kriet-kriet sampai dengan bunyi jeduk saat mengerem keras.

3. Bearing

Bearing ini berfungsi sebagai tempat roda untuk memutar, letaknya di dalam ball joint. Bila rusak maka akan timbul suara mendengung, untuk menyakinkan bila itu bearing maka bisa merotasi ban dan perhatikan apakah bunyi dengungnya pindah atau tidak, kalau tidak pindah berarti bearingnya yang sudah rusak. Kemudian bila didongkrak dan roda diputar terasa kasar dan berat maka itu juga salah satu indikasi bearing harus diganti.

 

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Komponen-komponen pada kaki-kaki mobil (part 2:habis)

  1. salam kenal mas bro
    setelah baca, soal article jenis lampu pada sepeda motor pada milis ini, saya tertarik mau bertanya, saya punya motor new mega pro 2011,

    *) ada kah lampu subtitusi untuk menggati lampu standart bawaan NMP, karena walaupun secara kasat mata terang tapi lampu jauhnya pudar bahkan kalah dengan cahaya lampu honda beat/ honda supra..
    *)kalau mau ganti 1 batok utuh dengan kepunyaan pullzar, harus kah ganti braket batok dan spedometernya juga?

    best regard,

    • salam kenal juga mas bro..untuk honda new megapro kalo ga salah pake tipe H4 dengan spek 12V 35/35W, bisa diganti dengan kode yang sama tetapi wattnya agak besar.
      untuk modifikasi batok utuh pulsar bisa aja mas..tapi sebaiknya ganti utuh sekalian dengan spidometernya, biar keliatan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>