Masalah-masalah transmisi matik dan cara mendeteksinya(Part 2)

tuas matik model gate

tuas matik model gate terios

Bila telah melakukan pengecekan diatas dan body mobil tidak bergerak sama sekali maka dapat diasumsikan tekanan oli sudah menurun atau tidak berfungsi, sehingga tidak mampu menggerakan roda. Deteksi awal permasalahan ada pada valve body dan torque converter, kemudian bisa juga disebabkan kualitas dan viskositas oli yang menurun. Kemudian bila mengecek kondisi oli langsung dengan menggunakan dipstik kemudian dilihat dan dirasakan secara langsung maka bila oli menghitam, keruh dan sedikit bau gosong. Maka dapat dicurigai bahwa adanya pelat kopling dan pelat gesek yang hangus. Dan kesemuanya bisa disebabkan kualitas oli yang jelek dan volume oli yang kurang atau minim.

Kemudian bila di lakukan pengecekan jalan dan ternyata perpindahan gigi berlangsung lambat dan kadang tidak mau berpindah gigi maka ada indikasi permasalahan pada komponen didalam transmisi matik itu sendiri, antara lain filter yang buntu atau mampat,pelat kopling habis dan solenoid afkir.

Seperti yang telah disebutkan diatas, pergantian oli matik sangat penting dan juga ditambah dengan adanya pengcekan volume oli. Bila kurang, hal ini sangat membahayakan  karena transmisi matik bisa kehabisan oli dan bocor. Bila rusaknya parah maka transmisi matik harus dioverhaul, dan biayanya juga tidak sedikit.  Maka dari itu sering-seringlah untuk mengcek kondisi oli matik dan volume didalamnya.

Diluar volume dan pergantian oli, hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan oli ATF yang berkualitas. Dalam hal ini berkualitas maksudnya adalah oli tersebut harus bisa terjaga viskositasnya dalam kondisi apapun. Karena kondisi pada transmisi matik oli ATF bisa mencapai suhu diatas 150 derajat. Semakin sering di kondisi dengan suhu yang tinggi makan semakin pendek usia pakainya. Maka dari itu sebaiknya mulai mengecek kondisi oli matik masing-masing…

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>