Perbedaan honda PCX 150 dengan PCX 125

Honda PCX 150

Honda PCX 150

Pertengahan tahun 2012 kemarin Astra Honda Motor selaku produsen motor honda mengeluarkan produk yang bisa dibilang baru, yaitu Honda PCX 150. Sebenarnya honda PCX ini bukanlah produk yang benar-benar baru karena sebelumnya AHM telah mengeluarkan Honda PCX 125 dan PCX 150 ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Tentu PCX 150 ini bukan berubah pada kapasitas mesin saja tetapi pengembangan teknologi dan penyematan teknologi baru diaplikasikan pada versi terbaru ini. Apa saja yang berubah?

Throttle body, ini pasti berubah karena dengan kapasitas mesin yang bertambah maka kebutuhanpun akan bertambah. Maka throtlle body PCX 150 menjadi lebih besar yaitu 26mm yang sebelumnya memakai ukuran 24mm. Oh iya throttle body ini yang bertugas mengatur debit bahan bakar dan udara tetapi semuanya berdasarkan perintah ECU. Kemudian untuk piston pun berubah ukurannya yaitu menjadi 58,0 mm dan strokenya 57,9 mm, dari sebelumnya yang 52,4 mm dan strokenya sama yaitu 57,9. Tetapi ada perubahan ukuran di diamater pen pistonnya yaitu menjadi 14 mm yang sebelumnya 13 mm.

Perbedaan lain adalah pada roller rocker arm, meskipun sama-sama memakai bearing dimensi roller rocker arm PCX 150 ini memiliki ukuran yang lebih besar. Kemudian untuk krus as juga mengalami perubahan ukuran yang lebih besar dan juga lebih kokoh. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi getaran dan juga mesin menjadi halus. Terakhir yaitu perbedaan pada transmisi dimana final gear menjadi lebih sedikit sehingga tujuannya supaya tarikan mesin lebih berat. Hal ini dikarenakan untuk mengatasi torsi yang meningkat dan untuk menaikkan akselerasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>