Seputar perawatan rantai motor(part 2:habis)

rantai motor dengan teknologi o-ring

rantai motor dengan teknologi o-ring

Untuk perawatan sebenarnya gampang-gampang susah, untuk pengecekan rantai sebaiknya dilakukan setiap 1 minggu sekali atau 1.000 km sekali. Dicek apakah rantai kering dan kotor, segera dibersihkan dan dilumasi. Tetapi sebaiknya menggunakan pelumas dan pembersih khusus rantai yang banyak dijual dipasaran. Khusus untuk rantai dengan jenis o-ring sebaiknya tidak dibersihkan menggunakan minyak tanah atau bensin, karena ditakutkan akan bereaksi dengan karet o-ring di rantai tersebut. Reaksinya biasanya adalah karet o-ring akan melar dan getas(silahkan dicoba merendam karet di bensin atau mintak tanah). Sedangkan untuk rantai yang tidak menggunakan o-ring sah-sah saja untuk membersihkan rantai dengan bensin atau minyak tanah, tetapi tetap disarankan menggunakan cairan khusus rantai.

Setelah dibersihkan maka rantai sebaiknya dilumasi, untuk pelumasan ini baik rantai dengan o-ring atau tidak. Disarankan tidak menggunakan oli bekas maupun oli baru apalagi menggunakan gemuk karena keduanya akan membuat kotoran menempel pada rantai.

Setelah hal diatas selesai maka  jangan lupa untuk menyetel ketegangan rantai, caranya adalah dengan menekan rantai ke arah lengan ayun, dan jarak antara lengan ayun dan rantai sebaiknya berkisar 1,5 cm. Setelah semua selesai  maka tunggan siap kembali beraksi.

 

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Seputar perawatan rantai motor(part 2:habis)

  1. Kalo rantai ori vixion itu tipe rantai yg pke o ring atau bukan om?
    #newbie ni..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>