Serba-serbi busi racing motor

busi iridium denso

busi iridium

Busi merupakan salah satu komponen penting pada motor, khususnya pada pengapian. Pada dasarnya fungsi busi adalah mengubah arus listrik menjadi sebuah ledakan kemudian meledakkan campuran bensin dan udara yang juga merupakan muara terakhir pada sistem pengapian. Semakin sempurna ledakan maka akan semakin optimal tenaga mesin yang keluar.  Untuk melakukan ledakan yang besar maka busi ini harus mendapat support dari derajat pengapian dan koil, tetapi bila kedua komponen tersebut sudah melalukan tugasnya dengan baik dan busi tidak dapat membuat pembakaran sempurna maka semua akan sia-sia. Untuk itu dibuatlah tipe busi yang lebih baik dalam menghantarkan listrik mungkin orang lebih mengenalnya sebagai busi racing.

Peran busi dalam menaikkan tenaga mesin lumayan besar, sekitar 20%. Bila busi lebih optimal maka dapat meningkatkan akselerasi motor dan membuat motor semakin irit. Secara gampang busi yang bagus dapat dilihat dari loncatan apinya, yang bagus adalah loncatan apinya berwarna biru kemudian percikannya tidak boleh berpijar harus fokus. Bila masih memakai busi standar maka kondisi loncatan api biru dan percikan api yang fokus sangat susah dihasilkan, hal ini dikarenakan material busi standar terbuat dari nikel sedangkan saat ini material yang dianggap lebih baik dari nikel antara lain adalah platinum dan iridium. Material lain yang mungkin dianggap lebih baik dari nikel adalah emas, perak. Tetapi saat ini material yang terbuat dari iridium dan platinum masih menjadi pilihan terbaik dari semuanya.

Biasanya material ini dipakai pada center electrode busi, karena pada bagian ini yang mengeluarkan loncatan api. Tetapi pabrikan busi juga dapat mengubah bentuk, posisi dan ukuran dari center electrode busi ini. Jadi tingkatan dari busi secara mudah dapat di bedakan menjadi busi standar, busi platinum dan busi iridium. Untuk motor standar bila kurang puas dengan busi standar bisa menggantinya dengan busi platinum, bahkan rekomendasi untuk motor standar adalah cukup busi dengan material platinum tetapi bila dirasa belum puas maka bisa naik tingkat ke busi iridium.

Sebenarnya ada lagi busi yang benar-benar diperuntukkan untuk keperluan balap , bahkan sebenarnya busi inilah yang layak disebut dengan busi racing atau mungkin lebih bisa disebut dengan busi premium. Untuk denso busi ini diembeli dengan nama denso iridium racing, sedangkan dibawahnya terdapat denso iridium power. Perbedaannya adalah pada busi  hanya dipakai untuk balap karena hanya tersedia untuk mesin berkompresi tinggi dan spesifikasinya adalah busi dingin saja. Sedangkan untuk iridium biasa spesifikasi busi tersedia dari tipe busi dingin sampai tipe panas.

Pada arena balap ternyata busi yang paling disukai adalah busi denso dengan material iridium dan diamater center electroda paling baik yaitu dengan diameter 0,4 cm. dibilang paling baik karena dengan diameter dan material ini loncatan api akan semakin biru dan lebih fokus apinya.

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Serba-serbi busi racing motor

  1. mau nanya nih bang,efek apakah yg diakibatkan penggunaan busi denso iridium racing pada motor standar?contohnya kyk motor gue Vixion..grazie/terima kasih

    • efeknya tenaga motor akan meningkat tapi harus diiringi dengan penambahan debit bensin, tapi untuk motor standar sebenarnya kenaikkan tenaga tidak terlalu signifikan karena komponen lain belum menyesuaikan api yang semakin besar..tapi tetep ada kenaikan tenaga dan akselerasi pada motor. banyak mekanik yang menyarankan kalo motor standar sebaiknya cukup memakai busi platinum. efek buruknya ya.. businya harganya mahal dan tidak seawet busi standar :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>