Masalah yang sering terjadi pada Bajaj Pulsar 180 dan 200 DTS-i (part 2)

rumah kopling

rumah kopling

Pada sektor mesin ada beberapa masalah yang sering timbul antara lain adalah sering muncul suara berisik pada mesin. Hal ini disebabkan rantai noken as yang kendur dan ini juga yang membuat penonjok pada tensioner rantai noken as yang kendur. Untuk solusinya adalah dengan mengganti per didalamnya kemudian diganjal dengan baut dan mur.

Masalah yang lain adalah kampas kopling yang sering hangus, ini ditandai dengan bau hangus dan cepat habisnya kampas kopling. Setelah dicari permasalahannya adalah kurang pelumasan pada rumah kopling. Solusinya adalah dengan membenahi sistem pelumasan pada rumah kopling, dengan cara melubangi rumah kopling sehingga pelumas dapat masuk kedalam kampas kopling dan membasahinya.

Kemudian masalah yang lain adalah getaran mesin yang besar dan kerasa sampai ke tangan, setelah diselidiki ternyata masalahnya terdapat pada kruk as yang tidak balans sehingga bergetar keras. Solusinya tinggal membalans ulang atau dicenter ulang sehingga kinerja kruk as menjadi lebih stabil dan center.

Tidak ada gading yang tidak retak, semua motor mempunyai kelemahan masing-masing. Untuk pilihan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, so the choice is yours…

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>