Macam dan Jenis Lap untuk mencuci Mobil

lap wash mitt

lap wash mitt

Ritual satu ini pasti pernah dilakukan pemilik mobil, yaitu cuci mobil. Cuci mobil bisa dilakukan di pencucian mobil ataupun dicuci sendiri, untuk mencuci sendiri bisa dilakukan bila telah ada alat-alat untuk mencuci mobil. Alat tersebut antara lain: ember, lap, dan tentu saja air.  Tahap pertama biasanya mobil disiram air pada sekujur bodi mobil, kalo bisa dilakukan dengan air yang agak bertekanan. Nah kemudian setelah itu gunakan lap untuk mengilangkan noda dan kotoran pada body mobil, tetapi ternyata lap pada mobil mempunyai macam dan jenis yang bermacam-macam. Dan tentu juga berbeda fungsinya, maka dari lebih baik kita mencari tahu lap apa saja yang bisa membantu kita dalam mencuci mobil.

Lap pertama tentu saja lap Chamois atau orang lebih mengenalnya dengan lap kanebo. Lap kanebo ini merupakan lap yang mempunyai kemampuan untuk menyerap air lebih banyak daripada lap biasa. Biasanya lap ini digunakan pada saat mengeringkan kendaraan, tetapi sebenarnya fungsinya tidak hanya mengeringkan kendaraan. Lap chamois ini sebaiknya digunakan pada tahap setelah sekujur mobil di guyur air, kemudian masuk ke tahap pembersihan kotoran. Nah pembersihan kotoran ini sebaiknya menggunakan lap chamois yang dikombinasi dengan semprotan air yang lembut. Setelah bersih air sebaiknya langsung dilap supaya kering dan tidak meninggalkan noda di body mobil, proses pengeringan ini bisa tetap menggunakan lap chamois tetapi biasanya hasilnya kurang maksimal dan harus diulang beberapa kali.

Lap kedua yang saat ini lumayan orang mengenalnya adalah lap microfiber, yaitu lap yang mempunyai lubang-lubang micro yang didalamnya terdapat celah benang berbentuk kail. Fungsi utamanya adalah sebenarnya digunakan untuk menghilangkan noda air yang masih menempel pada body kendaraan, jadi lap ini disarankan digunakan setelah proses pencucian. Setelah semua kering , maka lap microfiber ini bisa digunakan sebagai finishing. Oh iya lap microfiber ini tidak boleh basah-basahan alias tidak bisa untuk mencuci dan menyerap air.

Lap ketiga ini adalah pengembangan dari lap chamois dan lap microfiber, yaitu lap Wash mitt yang dapat digunakan untuk mencuci mobil seperti halnya lap chamois. Dimana bentuknya seperti kantung yang mempunyai busa lembut didalamnya, tetapi lap ini tidak bisa dipakai untuk proses pengeringan hanya untuk mencuci saja.

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Macam dan Jenis Lap untuk mencuci Mobil

  1. Lap microfiber dibagi beberapa lagi seperti lap microfiber terry yang serat mirip handuk tetapi jauh lebih halus, lap microfiber waffle teksturnya seperti waffle, lap microfiber suede, dan lap microfiber tipe polishing yang serat tidur semua

    -Irsan
    http://www.cardetailing.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>