Perbedaan Yamaha New Vixion lightning dengan Yamaha Vixion

Yamaha Vixion dan Yamaha New Vixion Lightning

Yamaha New Vixion Lightning dan Yamaha Vixion

Artikel sebelumnya sudah membahas teknologi dan fitur apa yang ada pada Yamaha New Vixion Lightning. Artikel sekarang mencoba membahas apa yang telah didevelop atau dirubah pada New Vixion Lightning Dibandingkan Vixion versi sebelumnya, meskipun pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang apa saja yang berubah pada new vixion lightning. Yang jelas semakin banyak perubahan maka akan berpengaruh ke perubahan yang lain. Bisa dibilang new vixion lightning benar-benar merupakan motor baru, dimana sekitar 80% pada motor ini benar-benar gress dan beda pada versi sebelumnya.

Hal pertama yang berubah dan lebih canggih adalah pengaplikasikan sensor O2 pada lubang buangnya. Fungsi sensor O2 adalah untuk menjaga emisi supaya lebih bersih dan untuk membuat pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga bensin akan lebih irit dan tenaga maksimal akan lebih keluar. masih pada sektor elektronik new vixion juga mengalami perubahan pada sektor ECU atau otak pada mesin, yaitu new vixion telah memakai ECU dengan jumlah pin sebanyak 33 buah, hal ini berubah hampir dua kali lipat pada versi terdahulu yang hanya 18 pin. Hal ini dimaksudkan untuk membuat new vixion semakin akurat dan presisi dalam pembacaan sensor dan penentuan jumlah bensin dan udara pada ruang pembakaran.

Kemudian yang bisa dilihat secara kasat mata adalah tidak adanya kabel spidometer atau sensor kecepatan pada roda depan. Karena pada new vixion ini sudah diganti dengan sensor kecepatan yang terdapat pada girboks, sehingga lebih akurat, presisi dan mengurangin resistensi. Pada box filter udara juga berubah menjadi lebih besar sehingga ikut berkontribusi pada kenaikkan tenaga new vixion ini.

Untuk urusan handling para insiyur yamaha juga merubah persentasi titik berat motor, dengan cara menggeser sumbu roda belakang sejauh 18 mm sehingga distribusi bobot depan belakang semakin seimbang, yaitu 47,3% depan dan 52,7% belakang. Efeknya pengendalian akan semakin mantab baik saat menikung maupun jalan lurus.  Jadi apakah New Vixion Lightning siap bertarung dengan Honda CB150R? biar waktu yang berbicara..

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>