Sekilas Perawatan CD(Compact Disc) dan DVD(Digital Video Disc)

head unit

head unit

CD dan DVD mungkin sudah ketinggalan zaman saat ini, orang-orang sudah memakai flashdisk, bluetoothdan memory card untuk menyetel lagu kesayangan pada audio mobil. Tetapi bagaimanapun teknologinya CD dan DVD masih menjadi favorit pengguna mobil untuk menyetel lagu kesayangan di mobil kesayangan, hal ini dapat dilihat masih adanya slot cd atau dvd pada head unit di mobil. Maka dari itu akan dibahas sekilas cara perawatan atau penggunaan cd atau dvd pada head unit di mobil, dengan tujuan cd atau dvd kesayangan akan lebih awet dan tidak rusak dalam hal ini tidak ngehang atau tiimbul suara berisik. Dan tentunya juga akan lebih membuat lensa optik pada head unit lebih awet.

Perawatan pertama adalah pada kepingnya itu sendiri dimana setelah pemakaian maka sebaiknya keping dikembalikan lagi pada tempatnya. Biasanya bening dan ada pengait ditengahnya untuk menyangga keping supaya tidak tergesek.  Bicara tentang gesekan ternyata hal yang harus dijaga supaya tidak tergores dan rusak adalah bagian atas dari CD atau DVD itu sendiri, tetapi biasanya yang kita tahu adalah bagian bawah keping yang harus dijaga.hal ini salah karena bila ada permukaan embos yang tergores atau terkelupas maka file lagu akan hilang karena sebenarnya bagian atas atau yang terdapat sablonan merupakan tempat data layer ditempatkan. Dan sablonan ini merupakan pelindung data pada keping CD.

Hal lain yang perlu dicermati adalah jangan membiarkan CD terus menerus berada dalam Head unit, karena bila pada saat mobil diparkir maka kondisi kabin mobil akan sangat panas,bila panas maka berpotensi akan merusak keping CD apalagi posisinya didalam head unit. Kemudian rutinkan untuk membersihkan optik cd player menggunakan pembersih khusus CD yang direkomendasi pembersihnya menggunakan tipe brush.  Dan kita siap untuk mendengarkan musik dengan nyaman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>