Seputar hal-hal yang menentukan harga jual mobil bekas(part 1)

mobil bekas, tips dan trik, cara memilih

mobil bekas

Dimana ada mobil baru pasti ada mobil bekas, uniknya di indonesia mobil bekas sangat laris. Dan begitu larisnya kadang mobil bekaspun harganya tidak terpaut jauh dengan harga mobil yang baru. Nah yang uniknya lagi harga mobil bekas penurunannya sangat beragam bila dibandingkan dengan mobil baru yang sama. Oleh karena itu akan dibahas beberapa faktor atau indikasi untuk menentukan harga jual mobil bekas ini, kita menghitungnya dari nilai selisih dengan mobil baru yang sama yang disebut dengan depresiasi. Jadi misal kijang innova tahun 2011 dibandingkan dengan harga kijang innova saat ini, nah berapa selisihnya.ini yang dinamakan depresiasi.oh iya mungkin banyak versi faktor-faktor yang menentukan harga mobil bekas ini, maka dari itu tetap ada pro dan kontra ataupun harga yang tidak masuk akal ditambah dengan harga bekas yang berbeda-beda tiap2 wilayah.

Pada dasarnya penentuan harga jual sebuah mobil bekas itu tidak ada standar bakunya, karena disini hukum pasar yang berlaku.  Dimana ada permintaan disitu ada penawaran kemudian banyaknya penawaran juga akan menaikkan harga. Nah faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Brand Image

Tidak dipungkiri brand image suatu produk sangat mempengaruhi penjualannya. Nah brand image ini sendiri sangat rumit karena didapat melalui banyak indikasi dan faktor. Untuk saat ini brand image yang lumayan dipercaya konsumen adalah mobil buatan pabrikan dari jepang seperti  toyota, honda, suzuki dll. Oleh karena itu mobil bekas buatan pabrikan jepang cenderung lebih stabil. Dimana depresiasinya masih di sekitar 10-15%/tahun dari harga baru, ini bukan patokan yang baku dimana ada kemungkinan depresiasi harganya dibawah 10% dan diatas 15%. Dan tentunya semakin berumur juga depresiasi semakin tinggi. Brand image ini tergantung dari strategi pabrikan masing-masing, dimana banyak faktor yang bisa mempengaruhi brand image antara lain, sales service dan after sales.

2. Durability

Daya tahan sebuah produk, maksudnya adalah mobil tersebut harus bisa bertahan selama mungkin pada saat menghadapi berbagai kondisi jalan. Jadi komponen mobil tersebut diharapkan usia pakainya panjang dan masalah yang timbul selama pemakaian relatif sedikit. Sehingga diharapkan pun biaya perawatan juga lebih murah

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>