Tips cara menyetel sensor alarm mobil yang terlalu sensitif

alarm terlalu sensitif dan harus distel

alarm terlalu sensitif dan harus distel

Zaman sekarang sangat jarang sekali mobil yang tidak dilengkapi dengan alarm, bahkan mobil baru keluaran pabrik pun sudah diaplikasikan alarm. Tetapi untuk mobil yang sudah ditambahkan atau sudah dilengkapi sensor kabin dengan sistem radar kadang alarm terlalu sensitif. Padahal sistem radar dibuat untuk menjaga keamanan mobil dengan asumsi ada sesuatu benda yang masuk kedalam kabin maka alarm akan berbunyi(kadang pencuri masuk kabin mobil dengan memecahkan kaca jendela). Sayang sistem ini kadang terlalu sensitif sehingga ada pergerakan sedikit saja maka alarm akan berbunyi, mau tidak mau pemilik mobil menjadi tidak nyaman bila ingin memarkir mobilnya baik di dalam rumah maupun di luar. Sebenarnya ada setelan kesensitifan radar pada modul alarm, nah berikut ini akan diberikan tips untuk menyetel kesensitifan alarm supaya tidak merepotkan.

Untuk awal kita harus melihat alarm tersebut sistem kerjanya seperti apa, khususnya dengan sistem radar. Sistem radar biasanya menggunakan gelombang, gelombang tersebut dibagi dua lagi yaitu dengan menggunakan gelombang microwave dan gelombang ultrasonic. Nah saat ini biasanya radar menggunakan gelombang microwave yang notabene mempunyai frekuensi yang tinggi. Maka dari kadang radar menjadi terlalu sensitif,untuk mengatasi hal tersebut kita harus mencari modul alarm dan mengurangin kesensitifannya. Biasanya modulnya terletak dibwah setir pengemudi. Untuk menyetelnya yaitu dengan obeng minus dengan memutar berlawanan arah jarum jam.

Cara melihat dan menyetel alarmnya adalah dengan cara: buka jendela samping kemudian masukkan satu tangan kedalam mobil pada saat alarm aktif. Kemudian cara melihat alarm terlalu sensitif atau tidak yaitu dengan cara kedalaman tangan yang masuk dalam mobil, bila tangan baru sedikit masuk mobil dan alarm berbunyi berarti masih sensitif. Yang ideal adalah bila tangan sudah agak masuk kedalam mobil dan alarm baru berbunyi. Catatan penting hal-hal yang bisa memicu alarm adalah air hujan, kenapa air hujan? Karena tetesan air pada kaca mobil akan berjalan pelan sehingga bila alarm terlalu sensitif maka bisa menjadi trigger alarm untuk berbunyi. Curigai juga adanya sisa air dalam botol yang tersimpan didalam mobil, karena bila mobil bergoyang maka air dalam botol dapat bergerak dan menjadi trigger alarm untuk aktif.

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Tips cara menyetel sensor alarm mobil yang terlalu sensitif

  1. tips nya berguna banget sekarang jadi lebih tau thanks bahasotomotif.com.

    Presiden RI saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah sibuk-sibuk mengurus masalah kenegaraan dan juga masalah internal partainya. Namun sang ‘guard’, Mercy RI 1-nya selalu siap
    menemani segala aktifitasnya.Segala aspek kehidupan RI 1 selalu
    menjadi hal populer untuk diperbincangkan, salah satunya mobil
    kenegaraannya. Ternyata ada sesuatu Di Balik Mercy RI 1 SBY. http://www.mobilgogo.com/artikel/index

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>