Macam-macam Tali Derek Mobil

macam tali derek(ki-ka;nylon renggang,tali jemuran, tali baja

macam tali derek(ki-ka;nylon renggang,tali jemuran, tali baja

Jadi inget waktu dulu pernah nolongin saudara yang mobilnya mogok dan tidak bisa diapa-apain, dan jalan terakhir adalah dengan menarik atau menderek mobil dengan tujuan bengkel terdekat atau rumah. Nah..pas berangkat sudah inget untuk membawa tali yang dipakai untuk menarik mobil tersebut..kalo ngga salah pake tali jemuran. Dan diderek mobil tersebut sampai ke rumah, dengan perjuangan tentunya..beberapa kali tali putus dikarenakan mobil langsung tancap gas untuk menarik mobil tentunya talinya menjadi terhentak dan putus. Sekarang jadi teringet lagi dan langsung  cari info tentang tali derek dan cara menderek yang benar..monggo..

Tali khusus untuk menderek mobil ada dua macam atau kategori  yaitu tali yang berbahan baja anyaman(sling baja) dan tali berbahan nylon atau anyaman plastik. Untuk yang pertama yaitu tali baja, tali ini yang paling banyak dipakai orang untuk menderek mobil. Alasannya adalah selain harganya yang murah, ada anggapan bahwa tali baja ini merupakan tali yang lebih kuat dari nylon atau plastik. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, memang tali baja lebih kuat dari tali nylon. Tetapi dalam hal menderek mobil selain kuat diperlukan juga tali yang fleksibel atau dinamis. Dikarenakan pada saat menderek mobil terjadi hentakan-hentakan yang diakibatkan peregangan tali tersebut, nah lama kelamaan klem tali baja tersbut akan lepas atau putus. Kekurangannya juga antara lain adalah dapat merusak sasis, dikarenakan gaya statis yang keras sehingga timbul efek kejut pada sasis.

Yang kedua adalah tali nylon atau plastik, untuk tali ini terbagi lagi menjadi 3 macam berdasarkan desain pembuatannya yaitu. Pertama adalah Tali nylon yang berbentuk gepeng atau strap, kedua adalah tali nylon yang berbentuk anyaman renggang, yang ketiga adalah tali nylon yang berbentuk tali anyaman yang rapat atau lebih sering disebut tali jemuran. Nah tali nylon ini dianggap lebih baik dalam hal derek menderek mobil atau tarik-menarik mobil, dikarenakan sifatnya yang dinamis, ringan dan gampang disimpan.  Dinamis dikarenakan hentakan atau efek tarikan bisa diminimalisir oleh tali ini, jadi tali ini masih bisa meregang sesuai dengan beban dan tarikan mobil. Efeknya tentu tali lebih jarang putus atau jebol, kemudian tidak merusak sasis karena efek redaman tersebut.

Diantara 3 jenis tali nylon masing-masing mempunyai kharakteristik sendiri-sendiri, yang pertama yaitu tali gepeng dipercaya tali nylon paling kuat diantara tali nylon yang lain, dikarenakan bisa menarik mobil yang bobotnya maksimal 2 ton. Kemudian tipe kedua tali yang anyamannya renggang mempunyai kharteristik lebih fleksibel dan dinamis sehinga lebih aman, tetapi tidak sekuat tali gepeng. Maksimal menarik mobil yang mempunyai bobot 1 ton, berarti lebih cocok menarik mobil kecil. Kemudian yang terakhir tali jemuran, tali ini sebenarnya kurang cocok untuk menarik mobil dikarenakan  untuk menarik mobil disarankan menggunakan tali dengan ukuran diatas 10mm. nah dengan ukuran tersebut akan terjadi kesulitan untuk mengikat tali tersebut ke towing mobil, tali terlalu besar. Dan harus mengikatnya dengan benar, bila salah sedikit tali bisa lepas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>